PWI Sumbar Kecam Aksi Teror OTK pada Wartawan Padang Panjang, Penegak Hukum Diminta Beri Pengamanan


Ahad, 17 Juli 2016 - 19:26:12 WIB
PWI Sumbar Kecam Aksi Teror OTK pada Wartawan Padang Panjang, Penegak Hukum Diminta Beri Pengamanan Ilustrasi/Net

PADANG, HALUAN - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar melancarkan protes terhadap peristiwa ancaman yang dilakukan orang tak dikenal (OTK) terhadap sejumlah wartawan berbagai media yang bertugas di Kota Padang Panjang, termasuk kepada Ketua PWI Padang Panjang Syamsoedarman. Ancaman yang disampaikan melalui pesan singkat tersebut berbunyi Sebagai Ketua PWI Padang Panjang diminta mengingatkan sejumlah wartawan di Padang Panjang untuk tidak macam-macam.

Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar, lewat siaran pers yang diterima Haluan menyatakan protes keras kepada pihak-pihak yang melakukan pengancaman yang dianggap sebagai tindakan yang tidak gentelmen.

Untuk itu, PWI Sumbar meminta aparat hukum, dalam hal ini Polres Kota Padang Panjang, untuk mengusut kasus pengancaman ini. berikut bunyi siaran pers tersebut

Meminta kepada Kapolres Padang Panjang memberikan pengamanan kepada para wartawan yang melakukan tugas di Padang Panjang. Jika para pengancam merasa dirugikan oleh pemberitaan para wartawan seperti diatur dalam UU Pers dipersilahkan menyampaikan hak jawab kepada masing-masing media dan atau melaporkannya kepada Dewan Pers bila hak jawab tersebut tidak dilayani.

Selanjutnya, PWI Sumbar juga meminta para wartawan di Kota Padang Panjang untuk tetap melaksanakan tugas sebagaimana biasa dengan tetap berpedoman kepada Kode Etik dan UU Pers.

Pesan singkat bernada ancaman diterima oleh Syamsoedarman sejak Jumat 15 Juli 2016, sekitar pukul 08.00 WIB. SMS yang sama juga ditujukan kepada wartawan Singgalang Jasriman, wartawan Haluan Ryan Syair,  wartawan Metro Andalas Paul Hendri, wartawan Investigasi Kamal Putra, Wartawan Rakyat Sumbar Rifnaldi.

Pengancam juga meminta para penerima SMS untuk mengonfirmasikan perihal ancaman ini ke Kabag Humas Pemko Padang Panjang Ampera Salim. Tapi setelah para wartawan menemui Ampera, yang bersangkutan malah tidak tahu menahu dengan SMS itu.
 (h/redaksi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]