Ambil Alih Pengelolaan Pendidikan Menengah Atas Belum Jelas, Pemda Pasbar Selalu Siap


Ahad, 17 Juli 2016 - 20:03:39 WIB
Ambil Alih Pengelolaan Pendidikan Menengah Atas Belum Jelas, Pemda Pasbar Selalu Siap

PASAMAN BARAT, HALUAN -- Rencana pengambilalihan kewenangan pendidikan menengah atas (SMA) oleh provinsi di tahun ini belum bisa dipastikan walaupun SOTK sudah diserahkan ke Provinsi Sumbar. Pasalnya, gugatan salah satu kota di Indonesia yang menuntut pendidikan setara SMA/SMK tetap di kelola oleh pemerintah kabupaten/kota berhasil dimenangkan.

Namun, menurut Pemerintah Daerah (Pemda) Pasaman Barat, kabar itu baru sebatas running teks yang dibaca. Sebab, belum ada pemberitahuan dari pemerintah provinsi untuk menggagalkan rencana pengelolaan SMK/SMK oleh provinsi.

"Kita aparatur pemerintah yang taat kepada hukum, bahwa informasi itu baru setahap informasi yang belum pasti. Baru running teks," jelas Kepala Dinas Pendidikan Pasbar Lutfi beberapa waktu lalu di kantornya.

"Bagi kita siapapun mengelola SMA/SMK tidak ada bedanya,"tutur Lutfi manambahkan. SOTK yang berhubungan dengan SMA/SMK sudah diserahkan seluruhnya kepada pemerintah provinsi. Mulai dari aset, guru dan sebagainya.

"SMA kita sebanyak 10, SMK sebanyak 15 dan jumlah guru mencapai 862 orang,"jelasnya.

Namun, jika SMA dan SMK di kelola oleh provinsi nantinya, sedikit banyak ada perubahan. Seperti urusan administrasi biasanya hanya sampai kabupaten/kota sekarang harus ke provinsi. "Paling urusan seperti itu yang membuat kesulitan, karena jarak kabupaten/kota ke provinsi cukup jauh," tandasnya. (h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]