40 Angkutan Pedesaan Ilegal Beroperasi di Pasbar


Senin, 18 Juli 2016 - 14:32:43 WIB
40 Angkutan Pedesaan Ilegal Beroperasi di Pasbar ilustrasi angkutan pedesaan di Pasaman Barat

PASAMAN BARAT, HALUAN — Sebanyak 40 angkutan desa (Angdes) di Kabupaten Pasaman Barat beroperasi tanpa izin resmi atau ilegal. Namun, Dinas Perhubungan mengantisipasi hal itu dengan mengoperasikan sebanyak 8 unit angkutan sekolah atau bus sekolah.

Tidak berizinnya 40 angdes tersebut, karena terkendala soal teknis uji keur ke Provinsi Sumbar. Pasalnya, ketika uji keur beberapa tahun yang lalu ada syarat yang tidak di penuhi oleh pemilik angdes tersebut. Sedangkan untuk uji keur kendaraan langsung ke provinsi.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pasbar Robby yang ditemui Haluan Senin (18/7) di Kantor DPRD Pasbar, mengatakan angdes yang beroperasi saat ini memang ilegal. Tetapi, itu dari segi izin prinsip saja. Dari segi peroperasian masih bisa beroperasi dan masih layak. “Pemda Pasbar sudah mengajak pemilik dan pengusaha angdes untuk melakukan peremajaan angkot tersebut. Namun, proses itu masih berjalan hingga sekarang dan pemilik sudah setuju untuk melakukan. Sebenarnya itu bukan kesalahan dari mereka, ada beberapa syarat uji keur yang tidak bisa mereka penuhi. Makanya tidak bisa izin keluar,”jelas Robby.(h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]