Dilarang, PKL Tetap Jualan di Jalan Protokol


Selasa, 19 Juli 2016 - 05:47:21 WIB
Dilarang, PKL Tetap Jualan di Jalan Protokol Ilustrasi.

MUKAKUNING, HALUAN — Kawasan jalan protokol Panbil Mukakuning, Sei Beduk masih tetap jadi tempat paling favorit bagi para pedagang untuk mengais rezeki. Buktinya, terlihat masih banyak pedagang kaki lima (PKL) dengan berbagai jenis dagangan seperti pakaian dan ak­sesoris serta lainnya di kawasan tersebut.

Padahal, diketahui kawasan itu dilarang keras sebagai tempat berjualan, dan harus bersih dari pedagang. Namun, pedagang sendiri beralasan, di tempat itulah mereka bisa meraup untung. Karena itulah mereka kembali berdagang meski berulang kali ditertibkan oleh Satpol PP Batam.

Baca Juga : Jenderal Idham Aziz Yakin Tangan Dingin Kapolri Baru Membawa Polri Lebih Baik

Tak itu saja, yang lebih herannya lagi, kala itu pihak satuan polisi pemerintahan yang disebut Satpol PP Batam pernah melintasi lokasi itu, tapi aksi atau teguran pun tak dilayangkan pada mereka, malah petugas tersebut cuek.

Sumber yang tak menyebutkan nama­nya, mengaku paham dengan aturan larangan berjualan di tempat itu. Namun, dia tidak memiliki pilihan lain untuk berdagang dilain lokasi, sebab keuntungan tak sebesar saat berjualan ditempat lain.

Baca Juga : Mantap! Koto Ilalang Homestay Raih Sertifikat CHSE dari Kemenparekraf

“Di sini banyak pembeli dan dagangan bisa laris. Ketika pindah, belum tentu akan laris,” ungkap sumber di lokasi, kemarin siang.

Ditanya penertiban dari pasukan penegak perda, yakni satpol PP, dirinya tak menampik. Dia juga beberapa kali ditertib­kan. Namun, faktor ekonomi yang mem­buatnya kembali berdagang di kawasan tersebut.

Baca Juga : Asyiknya Wisata di Moosa Edufarm: Mengenal Sapi Wagyu Penghasil Daging Termahal di Dunia

“Memang, sudah sekian kali jika tempat ini ditertibkan, tapi karena faktor ekonomi sekarang ini tak membuat ketakutan lagi untuk cari rezeki,” kata sumbernya lagi.

Kemudian, ketika ditanya kembali kepada para pedagang ditempat, apakah sudah memberikan jatah siluman kepada oknum Satpol PP, agar tak takut ditertib­kan, namun pedagang lainnya hanya bisa geleng kepala dan menyatakan sudah sama-sama tahu saja.

Baca Juga : Lari Pagi Bersama Sandi Uno, Audy Joinaldy Bahas Strategi Pengembangan Pariwisata Sumbar

“Sama-sama tahu saja lah, apalagi kita hidup di pasaran ini,” katanya pedagang yang tak mau disebutkan namanya yang juga asyik menjajakan barang dagangan­nya, saat itu. (hr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]