2.789 Siswa Ikuti Matsama di MAN Koto Baru


Selasa, 19 Juli 2016 - 06:00:59 WIB
2.789 Siswa Ikuti Matsama di MAN Koto Baru Bupati Solok H. Gusmal di dampingi Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok, Kardinal mengalungkan tanda peserta menandai dimulainya pelaksanaan Matsama (Masa Taaruf Siswa Madrasah) se-Kabupaten Solok untuk tahun ajaran 2016/2017, yang dipusatkan di kampus MAN Koto Baru Sabtu (16/7). (YUTIS WANDI)

AROSUKA, HALUAN — Sebanyak 2.789 orang siswa yang terdidri dari siswa MI (Madrasah Ibtidaiyah) hingga MA (Madrasah Aliyah) me­ngikuti Matsama (Masa Ta­aruf Siswa Madrasah) se-Kabu­paten Solok untuk tahun aja­ran 2016/2017. Kegiatan ini dipusatkan di kam­pus MAN Koto Baru Sabtu (16/7).

Kegiatan itu dibuka lang­sung oleh Bupati Solok H. Gusmal dan dihadiri oleh Kakan Kemenag Drs H. Kar­dinal, Kadis Dikpora Zulfadli, para kepala madrasah, dan siswa dari semua madrasah di Kabupaten Solok. “Matsama akan menjadi ajang untuk mengenal lebih dekat ling­kungan madrasah tempat kita mengikuti pendidikan,” ujar Bupati Solok.

Baca Juga : Dibanding Tahun Lalu, Produksi Jagung di Agam Tahun 2020 Menurun

Bupati menyebutkan, da­lam kegiatan ini bukan hanya mengenal lingkungan secara umum, tetapi diharapkan juga mengenali karakter guru, ka­rak­ter teman dan karakter keluarga besar madrasah. Dengan mengenal lebih dalam lingkungan ini kata Bupati, diharapkan semakin me­ning­katkan motivasi belajar para siswa, sehingga prestasi belajar bisa lebih meningkat pul. “Kita ingin Kabupaten Solok bisa tumbuh menjadi Kabupaten Pendidikan, di mana pen­didikan yang maju dan ber­karakter menjadi icon bagi daerah ini,” beber Gusmal.

Di samping itu, seiring dengan kemajuan dunia pen­didikan di daerah penghasil beras itu, para pelajar yang tak hanya di menuntut ilmu di madrasah namun juga di se­kolah umum  diharapkan juga berkembang menjadi para penghafal Alquran. Sehingga masyarakat madani yang diha­rapkan, bisa tumbuh sesuai dengan visi daerah itu. “Ma­syarakat Qur­ani akan bisa terwujud jika semua siswa aktif dalam meng­hafal al­quran,” ujar Gus­mal.

Baca Juga : Alhamdulillah! Tahun 2020 Agam Surplus Beras 120.000 Ton

Bahkan untuk mencapai tujuan itu, pihaknya juga telah meluncurkan program magrib mengaji dan magrib Alquran dan subuh berjamaah. Bupati mengakui, meski tak semudah membalik telapak tangan untuk merubah kultur ma­syarakat yang sudah mulai maju, namun program itu akan berjalan maksimal jika semua eleman masyarakat yang ada di masing-masing nagari juga ikut mengawasi dan menggi­atkan pelaksanaan program tersebut.

Sementara itu Ketua Pani­tia, yang juga Kepala MAN Koto Baru Drs. H.Syamsul Bahri, menjelaskan Matsama ini akan berlangsung selama tiga hari, Senin-Rabu (18-20/7) dan aka digelar serentak di seluruh Indonesia. pembukaan Matsama ini diikuti oleh se­mua madrasah di Kabupaten Solok, mulai dari MI hingga MA, dengan total siswa se­banyak 2789.

Baca Juga : Solsel Rawan Banjir, Angka Kebutuhan Drainase Belum Terukur

“Kita ingin memotivasi para siswa baru, dengan me­nge­nalkan lingkungan mad­rasah tempat mereka menuntut ilmu, agar nanti ketika me­mulai pendidikan mereka tidak kebingungan dengan aturan dan berbagai kegiatan yang diadakan di sekolah,” ujar Syamsul Bahri. (h/ndi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]