Serapan APBD Masih Rendah, Bupati Minta SKPD Serius


Selasa, 19 Juli 2016 - 06:02:19 WIB
Serapan APBD Masih Rendah, Bupati Minta SKPD Serius BUPATI Solok H. Gusmal memberikan arahan kepada Kepala SKPD dalam rapat evaluasi pendapatan dan belanja daerah Kab. Solok tahun 2016 di Ruang Pelangi Arosuka, Rabu (13/7) lalu. (YUTIS WANDI)

AROSUKA, HALUAN — Untuk semester I, serapan APBD Kabupaten Solok masih sangat rendah. Karena hingga akhir Juni 2016 ini, dari segi serapan belanja baru mencapai angka 36,56 persen dari total belanja yang dianggarkan tahun ini. Hal ini terungkap dari hasil rapat evaluasi pendapatan dan belanja daerah Kab. Solok tahun 2016 di Ruang Pelangi Arosuka, Rabu (13/7) lalu.

Rapat evaluasi yang di­pim­pin langsung oleh Bupati Solok H. Gusmal SE,MM itu juga dihadiri oleh Sekda Kab. Solok M. Saleh, Kepala Dinas penda­patan pengelolaan keu­angan dan Asset (DPPKA) Marwis, SE,MM, serta 27 SKPD dan camat di lingkup Pemerintahan Kabupaten Solok.

Terhadap itu, Bupati So­lok Gusmal menekankan kepada seluruh SKPD agar lebih realistis dalam me­nyusun program kerja dan kegiatan di masing-masing dinas. Karena menurutnya, kondisi dan target RPJMD juga menuntut seluruh or­ganisasi perangkat daerah untuk tekun dan serius dalam nenunjukkan kinerjanya agar capaian itu bisa berjalan maksimal. “Pada tanggal 21 Juli esok, kita juga akan melaporkan hal ini dalam sidang DPRD. Makanya kita harus serius dalam hal ini,” kata Gusmal.

Menindaklanjuti itu, bu­pati meminta kepada seluruh SKPD, pada setiap tanggal 1awal bulan untuk dapat melaporkan ke­uangan kepada kepala daerah. “Sebagai ke­pa­la SKPD kita wajib meng­inggatkan kepada staf  untuk hal-hal yang me­nyangkut dengan keuangan. Saya minta kepada seluruh kepala SKPD untuk segera menggenjot serapan APBD ini agar target yang direncanakan dapat tercapai sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku,” tegas­nya.

Disamping itu, kata Bu­pati, Kepada kepala SKPD untuk serius dalam mela­kukan pencatatan barang, jasa dan aset lainya, karena setiap kegiatan akan ada pemeriksaan oleh BPK. “Lan­taran itu jangan sampai ada yang keluar dari jalur yang telah ditentukan, kalau tak ingin tersandung masalah hukum,” kata Gusmal.

Bupati juga menyentil perilaku para kepala dinas yang sering keluar daerah dengan alasan dinas. Karena tidak seluruhnya urusan ke­luar daerah yang mesti di­hadiri oleh Kepala Dinas. “Untuk urusan keluar daerah kan ada ketentuannya, tak mesti semuanya harus di­hadiri oleh kepala dinas, karena ada urusan yang bisa diwakilkan kepada pejabat yang berada di bawahnya,” tambahnya.

Sementara bagi kepala SKPD yang kinerjanya tidak baik atau tidak bagus, kata Bupati, pihaknya akan mem­berikan langsung kepada golongan bawahanya untuk melakukan tugas yang dibe­rikan, karena kinerja yang dibutuhkan menuntut ke­seriusan dan bukan untuk berlalai-lalai. “Ini adalah tuntutan bagi kepala SKPD untuk mencapai PAD mau­pun target bulanan. Kalau tidak mencapai target saya akan memberikan teguran langsung makanya kepada kepala SKPD harus mem­punyai target atau program,” tegas Bupati.

Peran Wabup

Terpisah, Ketua LKAAM kab. Solok H. Syafri Dt Siri Marajo berharap untuk me­macu target RPJMD tersebut, juga dibutuhkan keseriusan wakil Bupati untuk ikut mela­kukan pengawasan secara internal terhadap SKPD yang dinilai berkinerja rendah. Karena tak semuanya peng­awasan itu bertumpu kepada Bupati, karena secara internal Wabup juga berperan penting untuk melakukan peng­awa­san dan penilaian terhadap SKPD. “Kita bisa lihat, kalau Bupati dan wabup keluar daerah, SKPD seperti anak ayam kehilangan induk,” tutur Syafri.

Mantan Ketua DPRD Kab. Solok ini bahkan juga menyinggung masalah di­siplin PNS yang masih rendah di lingkup Pemkab Solok. Karena menurutnya saat ini dari sekian banyak SKPD yang ada, hanya kantor Dis­dukcapil dan dinas PU yang terlihat ramai dengan ak­tifitas. “Kalau di Capil lanta­ran masyarakat berurusan administrasi Kependudukan, sementara di PU karena banyak yang berurusan pro­yek. Sedangkan selebihnya banyak kantor yang lengang,” katanya.

Untuk meningkatkan di­sip­lin ini, kata dia, tidak ada salahnya pemerintah daerah untuk segera melakukan tero­bosan dengan memasang CCTV di setiap SKPD yang ada, agar bupati bisa mela­kukan pengawasan setiap saat diperlukan. “Kalau soal mu­tasi yang digamangkan,  kami pikir Bupati dan wabup sudah punya penilaian siapa yang akan di mutasi, dan siapa pula yang akan di promosikan, jadi tak perlu risau, tunjukkan saja kinerjanya,” tutupnya. (h/ndi)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 April 2017 - 09:51:53 WIB

    Serapan APBD Kota Solok Tahun 2016 Tergolong Rendah

    SOLOK, HALUAN - Kinerja Satauan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Solok tahun anggaran 2016 terkesan belum maksimal. Ini dibuktikan dengan masih rendahnya serapan anggaran untuk program rutin yang tidak rumit dan .
  • Rabu, 21 Desember 2016 - 00:12:28 WIB

    Serapan APBD untuk Pembangunan Sudah 80 Persen

    PARIAMAN, HALUAN - Serapan APBD Kota Pariaman untuk ke­pentingan pembangunan kota sam­pai akhir November tahun 2016 mendekati 80% atau lebih kurang 79%. Namun untuk serapan dana fisik sudah 80% lebih..
  • Selasa, 09 Agustus 2016 - 03:23:04 WIB

    Serapan Anggaran Semester I Masih Rendah

    AROSUKA, HALUAN — Hingga akhir semester I tahun anggaran 2016, hanya 5 dari 28 SKPD yang realisasi anggaran belanja langsungnya di atas 50 persen pada semester pertama Tahun anggaran 2016. Selebihnya berkutat di angka 40 pe.
  • Kamis, 07 April 2016 - 02:44:35 WIB
    Tahun 2015 Hanya 84,4 persen

    Serapan Belanja Daerah Rendah

    BUKITTINGGI, HALUAN — Walikota Bu­kittinggi Ramlan Nurmatias dalam rapat paripurna DPRD Kota Bukittinggi me­nyam­paikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Bukittinggi Tahun Anggaran 2015 di ruangan Ra.
  • Senin, 14 Desember 2015 - 02:43:22 WIB

    Serapan Anggaran 2015 Optimis Tercapai

    SOLSEL, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) melalui Bagian Ekonomi Pembangunan (Ekbang) optimis penyerapan anggaran 2015 di Solsel mencapai target sampai akhir tahun..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM