Kevin Rudd Minta Dukungan Jadi Sekjen PBB


Selasa, 19 Juli 2016 - 06:13:43 WIB
Kevin Rudd Minta Dukungan Jadi Sekjen PBB Mantan Perdana Menteri (PM) Australia, Kevin Rudd.

PERTH, HALUAN — Mantan Perdana Menteri (PM) Australia, Kevin Rudd, secara resmi telah meminta dukungan dari negara untuk mendukung pencalonan dirinya sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perse­rikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menggan­tikan Ban Ki-Moon.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia, Julie Bishop, Senin, sebagaimana dikutip jaringan berita ABC.net.au. “Kevin Rudd telah meminta dukungan Pemerintah Australia untuk menca­lonkan­nya, dan seperti telah disam­paikan oleh Perdana Menteri di berbagai kesempatan, hal ini akan diputuskan oleh kabinet,” kata Julie Bishop.

Baca Juga : Presiden Meksiko Positif Terpapar Covid-19

Bila mendapatkan dukungan dari pemerintah federal Australia, Kevin Rudd akan bersaing dengan mantan Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Helen Clark, yang sudah sejak awal tahun 2016 mengu­mumkan pencalonannya untuk posisi nomor satu di PBB.

Upaya mantan pemimpin Partai Buruh meluaskan karir politiknya di lembaga internasional telah lama diulas di media lokal Australia.  Namun sebagian pihak melihat sosok Rudd sebagai politisi yang belum pantas mewakili Australia. Senator dari negara bagian Australia Selatan, Cory Bernardi, pada bulan Februari lalu menya­ta­kan “publik Australia akan sangat kecewa bila Rudd mendapat dukungan untuk jadi Sekjen PBB”. (h/ans)

Baca Juga : Nama Buah Naga Diganti Jadi Teratai di Gujarat, Ini Alasannya

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]