Sekolah untuk Pengusaha Akan Dibangun di Padang


Selasa, 19 Juli 2016 - 06:21:44 WIB
Sekolah untuk Pengusaha Akan Dibangun di Padang

PADANG, HALUAN — Ada kabar bagi masyarakat Sumatra Barat yang ingin menjadi pengusaha atau yang telah memulai usaha namun hasilnya belum maksimal, yakni akan dibangunnya sekolah bisnis untuk pengusaha.

Informasi ini didapatkan oleh Haluan dari salah se­orang pendirinya yang me­rupakan dosen di salah satu perguruan tinggi ternama di Padang. Ia belum mau me­ngemukakan informasi ter­sebut ke publik sebelum peluncuran sekolah itu. Mes­ki demikian, ia bersedia berbagi sedikit informasi kepada Haluan. Informasi yang akan dipaparkan beri­kut berasal dari dia.

Baca Juga : Bitcoin Resmi Diakui di RI, Cek Daftar Cryptocurrency yang Boleh Diperdagangkan di Indonesia

Sekolah tersebut ber­nama Minangkabau Busi­ness School Enter (MBS EC), yakni sebuah sekolah non formal yang bertujuan untuk menciptakan wiraswasta mu­da yang mandiri. Target sekolah itu adalah generasi muda yang ingin memiliki kemampuan bisnis. Target selanjutnya adalah orang yang sudah punya usaha tapi usaha itu belum berkem­bang. MBS EC akan mem­bantu usaha itu untuk ber­kembang sesuai dengan tren bisnis saat ini.

“MBS EC akan bermitra dengan beberapa pihak, seperti perguruan tinggi, perusahaan besar, lembaga pendidikan, dan peme­rin­tah. Yang punya usaha akan dimentori oleh para pengu­saha Minang yang sukses di Jakarta. Pengu­saha tersebut akan mem­bantu untuk mem­buka pa­radigma pengusaha lokal,” ujarnya kepada Ha­luan, Senin (18/7) malam.

Baca Juga : Resmi! Indonesia Ngutang Lagi Rp 7 Triliun ke Bank Dunia

Menurut rencana, seko­lah tersebut akan dilun­curkan pada 2 dan 3 Agus­tus. Peluncuran itu ber­sa­maan dengan seminar ten­tang bisnis. Pengusaha yang me­ngi­kuti seminar tersebut akan diseleksi. Kriterianya adalah pemilik usaha yang terkait dengan pariwisata, Usaha Mikro Kecil dan Me­nengah (UM­KM), peter­nakan, koperasi, dan ritel. Lokakarya itu berfokus pada teknogi in­for­masi sebagai instrument bisnis.

Narasumber tersebut me­nam­bahkan, rangkaian ke­giatan hari pertama ada­lah pengantar dan penge­nalan MBS EC oleh pen­dirinya, lalu sambutan dan pelun­curan oleh Gubernur Su­matera Barat, penan­da­ta­nganan nota kese­pa­ha­man antara MBS EC de­ngan mitra kerja, setelah itu baru se­minar. (h/dib)

Baca Juga : Harga Kebutuhan Pokok di Padang Hari Ini: Cabai Merah Turun, Rawit Masih Tinggi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]