Perusahaan Busana Bandung Akan Pakai Sulaman Kerancang


Selasa, 19 Juli 2016 - 06:22:26 WIB
Perusahaan Busana Bandung Akan Pakai Sulaman Kerancang

BUKITTINGI, HALUAN — Perusahaan fashion (mode) busana asal Bandung, Shafira Corporate, tertarik dengan produk sulaman dan bordir kerancang asal Kota Bukittinggi. Feny Mustafa, pemimpin perusahaan tersebut berencana mengangkat sulaman khas Bukittinggi menjadi tema rancangannya pada 2017.

Shafira merupakan pe­rusahaan busana muslim terkenal di Bandung yang berdiri sejak 1989, yang menandingi merek Zoya. Merek itu selalu aktif me­ngikuti pagelaran-pagelaran busana di kancah nasional dan internasional dengan mengusung tema produk-produk lokal. Sampai saat ini Shafira telah memiliki 24 toko di 15 kota besar di Indonesia.

Baca Juga : Penting! PLN Selalu Ingatkan Pelanggan Bayar Listrik Tepat Waktu

“Keunikan dan keindahan produk sulaman dan bordir  karancang asal Bukittingi ini menjadi magnet bagi pe­rusahaaan Fashion Shafira di Bandung. Oleh sebab itu, kami berencana untuk me­ngangkat potensi lokal asal Kota Bukittingi  ke kancah nasional dan internasional,” ujar  Feny Mustafa saat ber­temu dengan Wali Kota Bu­kittinggi, Ramlan Nurmatias, di balaikota setempat, Senin (18/7). Ia merupakan pemilik merek busana muslim, Zoya.

Sebelumnya, pihaknya juga telah bekerja sama de­ngan Pemko Sawahlunto untuk mengangkat songket Sawahlunto.

Baca Juga : Wow, Harga Cabai Rawit Tembus Rp80.000 Per Kg di Pasar Nanggalo Padang

Ia berharap dengan di­angkatnya sulam karancang ke dalam karyanya, hal itu semakin memopulerkan pro­duk unggulan Bukittinggi tersebut. “Kami mengi­ngin­kan sulaman karancang juga dinikmati keindahannya oleh orang di luar Sumatra Barat. Kami juga akan membawa sulaman ini ke iven-iven fashion di dalam dan luar negeri,” tuturnya.

Menurut Feny, selama ini sulaman dan tenunan khas Sumatra Barat hanya di­aplikasikan pada pakaian atau kain-kain tradisional se­hingga tidak bisa dinikmati oleh semua orang di berbagai situasi. Oleh kareana itu diperlukan sentuhan yang lebih sederhana.

Baca Juga : Kopilo Lahir di Bukittinggi, Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Riba bagi Pelaku UMKM

Menaggapi hal tersebut, Wali Kota Bukitinggi, Ram­lan Nurmatias sangat men­dukung rencana kerja sama tersebut. Menurutnya, pe­rajin di Bukittinggi memang mem­butuhkan program-program yang mampu me­ningkatkan kemampuan peng­rajin dan pemasaran produk mereka.

“Diharapkan melalui pro­gram tersebut, perajin mam­pu menghasilkan pro­duk siap pakai sehingga harga jual nya jauh lebih tinggi. Di samping itu, pro­mosi dan pemasaran produk juga akan semakin luas,” kata Ramlan. (h/tot)

Baca Juga : Peringati HUT ke-72, Garuda Indonesia Tebar Diskon Tiket Pesawat hingga 60%

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]aluan.com