Ratusan Warga Datangi DPRD Agam, Tuntut PT KAMU Kembalikan Lahan


Selasa, 19 Juli 2016 - 07:01:39 WIB
Ratusan Warga Datangi DPRD Agam, Tuntut PT KAMU Kembalikan Lahan

Agam, Haluan —  Lebih kurang seratusan orang warga Sungai Aua, Sungai Jariang, Nagari Lubuk Basung, mendatangi, DPRD Agam Lubuk Basung, Senin(18/7).

Masyarakat menuntut pengembalian lahan mereka yang diduga dicaplok PT. KAMU (Karya Agung Me­gah Utama).

Baca Juga : Dirjen PPKL KLHK Tawarkan Empat Pendekatan Atasi Banjir Kalsel

Ratusan warga itu dipim­pin juru bicara Hamdani. Karena cukup banyak warga yang datang, Ketua DPRD Marga Indra Putra minta kepada mereka agar per­temuan itu hanya melalui juru bicara atau wakil warga Ham­dani diruang kerja Sekwan.

Kedatangan masyarakat ke DPRD Agam menuntut pengembalian lahan mereka yang diduga dicaplok PT. Karya Agung Megah Utama (PT. KAMU). Masyarakat beranggapan sudah lebih 30 tahun lahan yang mereka klaim sebagai milik mereka itu dikuasai PT. KAMU, tidak sedikit kerugian yang dialami dari lahan seluas 400 hektar yang dikuasai pe­rusahaan tersebut.

Baca Juga : Dishut Sumbar Targetkan ITH Sebesar 61% Tahun Ini

Ketua DPRD Marga In­dra Putra, mengatakan, per­wa­kilan sudah diterima, pi­hak­nya juga meminta ma­sya­rakat untuk menunda itu hingga, Selasa (19/7). Per­soalan tersebut harus dibahas secara teknis Komisi I DPRD Agam. Sehubungan Ketua Komisi I DPRD Agam, Feri Adrianto, masih belum ma­suk usai pesta pernikahan anak.

“Sebagai lembaga perwakilan rakyat kita wajib mendengarkan apa keluhan masyarakat. Agar lebih ter­arah, bisa masyarakat bisa me­lalui komisi satu, me­nunggu sampai ketua komisi masuk,” katannya.

Baca Juga : KPHP Dharmasraya Usulkan Perluasan Wilayah Kerja Pengelolaan Hutan Sosial

Anggota DPRD Agam Helmon Dt. Hitam, turut menjelaskan kepada ma­syarakat. Menurutnya bahwa lahan orang tuanya juga ada disana, karena itu Helmon Dt. Hitam menyatakan du­kungan kepada masyarakat. Namun masyarakat harus tetap te­nang meniyikapi hal tersebut. (h/yat)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]