LAZ Semen Padang Bantu Biaya Masuk Sekolah


Selasa, 19 Juli 2016 - 07:04:15 WIB
LAZ Semen Padang Bantu Biaya Masuk Sekolah Penyerahan bantuan biaya masuk sekolah dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) Semen Padang. Bantuan dengan total 1,7 miliar rupiah tersebut, diserahkan kepada perwakilan orang tua siswa dan mahasiswa di Kantor LAZ Semen Padang, Senin (18/7).

PADANG, HALUAN — Lembaga Amil Zakat (LAZ) Semen Padang kembali me­nunjukkan kepedulian ter­hadap pendidikan anak ku­rang mampu. Setelah rutin me­nyalurkan beasiswa setiap semester, kali ini LAZ Semen Padang mem­bantu biaya ma­suk seko­lah untuk siswa dan masuk kuliah untuk ma­ha­siswa.

“Ada 2.435 pelajar dan mahasiswa yang dibantu untuk biaya masuk sekolah ini. Mulai dari SD sampai perguruan tinggi dengan total biaya Rp1,7 miliar,” kata Bendahara LAZ Semen Pa­dang, Nasrun mealui persreis yang diterima Redaksi Ha­luan, kemarin.

Baca Juga : Tahun 2020, Capaian PAD Perumda AM Kota Padang Melebihi Target

Bantuan biaya masuk se­ko­lah itu diserahkan kepada ­perwakilan orang tua siswa dan mahasiswa di Kan­tor LAZ Semen Padang, Se­nin (18/7). Bantuan yang disalurkan tersebut meru­pakan hasil dari zakat ka­ryawan Semen Padang Group yang di kumpulkan oleh LAZ Semen Padang.

Menurutnya, bantuan bia­ya masuk sekolah yang diberi nama Program Bisa Sekolah ini, bertujuan untuk me­ri­ngankan beban dari ma­sya­rakat yang kurang mam­pu untuk me­nye­kolahkan anak-anaknya. “Program Bisa Se­kolah ini di tujukan kepada anak-anak kita yang berasal dari keluarga kurang mampu atau yang disebut Mustahik, un­tuk dapat me­ngecap bang­ku sekolah dan perguruan tinggi,” jelas Nasrun.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis Artikel HUT ke-46 Tahun

Ia berharap, dengan ada­nya program ini dapat me­ningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat di In­donesia khususnya Su­matera Barat. Sebab, lanjut Nasrun, pendidikan adalah salah satu kunci dari keberhasilan suatu bangsa agar terhindar dari kebodohan dan memiliki pemikiran yang maju ke­depan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Ha­rian LAZ Se­men Padang M. Arif me­ngatakan, program bantuan biaya masuk sekolah ini adalah program yang sudah dija­lankan oleh LAZ Semen Pa­dang sejak tahun 1997. Selain me­nya­lurkan bantuan biaya masuk se­kolah, LAZ Semen Padang juga mempunyai pro­gram-program lainnya yang bertujuan peduli pendidikan salah satunya adalah Program Anak Asuh.

Baca Juga : Ada 52 Kasus Pernikahan di Bawah Umur di Kota Padang Tahun 2020, Penyebab Utama 'Hamil Duluan'

“Program ini adalah pro­gram rutin yang terus dijalan­kan oleh LAZ Semen Padang sejak tahun 1997 lalu. Namun tidak hanya memberikan ban­tuan biaya masuk sekolah saja, LAZ Semen Padang juga punya program lainnya terkait pendidikan yaitu Pro­gram Anak Asuh,” sebut Arif.

Untuk itu Arif berharap, bantuan yang disalurkan oleh LAZ Semen Padang tersebut dapat dimanfaatkan dengan tepat, dan tidak di­gunakan untuk hal-hal lain­nya. LAZ Semen Padang sendiri menurutnya, dalam menentukan penerima ban­tuan pendidikan ini telah me­lakukan seleksi dan pen­jaringan secara langsung ke sekolah-sekolah yang telah direkomendasikan. 

Baca Juga : Cuma 2 Menit, Cetak Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Kota Padang dengan Anjungan Dukcapil Mandiri

Salah seorang Mustahik, Evidayanti menyampaikan rasa syukur dan te­rima­ka­sih­nya pa­daLAZ Semen Padang yang telah membantu biaya pendidikan anaknya. Me­nurutnya, jika bantuan ter­sebut tidak didapatkan, maka akan sangat sulit untuk mem­biayai pendidikan anaknya yang akan masuk SMP.

“Alhamdulillah kami bisa mendapatkan bantuan ini, karena dengan kondisi eko­nomi sekarang untuk me­nye­kolahkan anak itu biayanya tidak sedikit dan tentunya kami akan sulit melakukannya,” ujar ibu empat anak itu. (h/rel)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]