UBH Adakan Seminar Pengelolaan Keuangan Desa


Selasa, 19 Juli 2016 - 07:07:21 WIB
UBH Adakan Seminar Pengelolaan Keuangan Desa PEMATERI dalam Workshop Pengelolaan Keuangan Desa di UBH.

PADANG, HALUAN—Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta (UBH) mengadakan “Workshop Penge­lolaan Keuangan Desa” di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi Gedung 3 Blok A Kam­pus Proklamator II UBH, kemarin (18/07).

Seminar ini menghadirkan pembicara Dr. Zaenal Fanani, SE, MSA, Ak., CA. Akademis Universitas Airlangga dan pengurus IAI Jawa Timur.

Baca Juga : Masa Reses DPRD Padang, Irawati Meuraksa Siapkan Program Tepat Guna untuk Masyarakat

Ketua Pelaksana Popi Fauziati, SE, M.Si, Ak, CA menyampaikan workshop ini diselenggarakan dalam rangka membe­rikan pemahaman dan meningkatkan kompetensi dosen dalam pengelolan desa agar dapat membantu perangkat desa dalam pengelolaan keuangan.

Selain itu sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan kebutuhan lingkungan sekitar maka calon lulusan akuntansi UBH diha­rapkan memiliki kompetensi ini juga.

Baca Juga : Ada Perbaikan Pipa Perumda AM Kota Padang di Lubuk Minturun, Siap-siap Tampung Air!

“Pelatihan ini diikuti oleh seluruh dosen di jurusan Akuntansi yang nantinya dapat memberikan masukan untuk perbaikan kurikulum mata kuliah sektor publik dan dapat menyelipkan materi pengelolaan keuangan desa.

 Selain itu pelatihan ini sangat penting bagi dosen yang sedang melakukan kegi­atan pendampingan desa dan bisa menjadi pengabdian kepada masyarakat TERKAIT dengan pengelolaan keuangan desa,” tambahnya

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

Ketua Jurusan Akuntansi UBH Hera­wati, SE, M.Si, Ak, CA meyampaikan dengan workshop ini UBH dapat ikut berperan serta dalam memfasilitasi pelak­sanaan Akuntansi Desa dan Nagari yang dibutuhkan oleh para dosen, khususnya yang mengajar di Fakultas Ekonomi UBH.

“Worshop ini juga dapat membantu untuk meningkatkan kualitas pembe­lajaran dalam menyusun Rencana Pem­belajaran Semester (RPS) yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang disesuaikan dengan tuntutan Stakeholders Dan dan kompetensi tentang Pengelolaan Keuangan Desa,” sebutnya.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

Dalam sambutan pembukaannya, Dekan Fakultas Ekonomi UBH Yuhelmi, SE, MM mengatakan workshop pengelolaan keuangan desa ini sangat penting saat ini seiring dengan Seiring dengan dike­luarkannya UU N0. 6 Tahun 2014 tentang desa dan peraturan pelaksanannya yang membutuhkan kemampuan dan kom­petensi akuntansi untuk mengelola keu­angan bagi kepala desa.

“Dengan workshop ini UBH dapat berperan dalam membantu pengelolaan keuangan desa dan dapat melahirkan lulusan yang miliki kompetensi dalam pengelolaan keuangan desa,” imbuhnya.

Dalam penyampaiannya Dr. Zaenal Fanani, SE, MSA, Ak., CA mulai menje­laskan dari Perencanaan pembangunan desa, aturan-aturan hukumnya, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa dan overview aplikasi sistem keuangan desa. (h/ita)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]