Persiapan Haji Hampir Rampung


Selasa, 19 Juli 2016 - 07:16:24 WIB
Persiapan Haji Hampir Rampung Ilustrasi.

PADANG, HALUAN — Persiapan pe­nyelenggaraan haji di Embarkasi Padang untuk tahun ini hampir rampung. Untuk pemeriksaan kesehatan jemaah sudah mulai dilakukan dan tinggal vaksin meningitis aja yang belum. 

“Tahap terakhir , yaitu suntik meningitis. Insyallah akan dilakukan minggu depan,” Kabid Haji Kemenag Sumbar Kata Syamsuir,.

Untuk perlengkapan lain seperti, koper  yang sudah dibagikan ke 18 kabupaten di Sumatera Barat dan paspor 95% sudah berada di Jakarta dan tinggal menunggu visa saja. “Paspor jemaah sudah di Jakarta, jadi tinggal menunggu via saja, semoga cepat selesai,” lanjut Syamsuir.

Syamsuir mengungkapkan, untuk pe­mondokkan, seperti asrama haji sudah bisa dikatakan rampung. Jemaah haji sudah mulai melakukan menasik haji sejak bulan Januari lalu dan akan berakhir seminggu sebelum berangkat.

Tahun ini Embarkasi Sumatera Barat  (Sumbar) memberangkatkan 4.891 jemaah haji dari Sumatera Barat dan Bengkulu. “Tahun ini kuota Sumatera Barat 3.599 dan Bengkulu 1.292,” tambahnya. Kuota haji tahun ini masih dikurangi 20% dari biasanya, karena pemerintah Arab Saudi masih memperbaiki masjidil Haram.

Dari kuota yang ada yaitu 3.599, baru 3.529 yang sudah terdaftar dan sisanya menjadi cadangan dan sekarang masih dibuka untuk pencalonan untuk cadangan itu sendiri.

Syamsuir menjelaskan, tahun ini ada 11 kloter yang akan berangkat yaitu, 8 kloter jemaah Sumbar dan 3 kloter dari Bengkulu. Dari 11 kloter ini ada 55 petugs yang akan menjaga dan mengawasi  jemaah haji dengan rincian 40 petugas untuk Sumbar dan 15 petugas untuk Bengkulu, dimana masing-masing kloter 5 petugas.

Untuk kloter pertama akan di­be­rang­katkan tanggal 8 Agustus dan akan dilepas oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

Kabid haji Sumbar ini juga me­nam­bahkan, untuk cuaca di Arab Saudi pada musim haji tahun ini diperkiraan 500 C - 520 C. Jadi jemaah dihimbau untuk menjaga kesehatan agar tidak sakit saat melakukan kegiatan. “Jemaah harus menjaga kesehatan fisik agar tidak mengganggu perjalanan hajinya,” tambah Syamsuir.

Untuk panitia pemberangkatan ibadah haji (PPIH)  akan dilantik besok (19/7) di Embarkasi Padang pada pukul 10.00 WIB. (h/mg-rma)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]