Siswa Baru Diajak Kenal Lingkungan


Selasa, 19 Juli 2016 - 07:18:02 WIB
Siswa Baru Diajak Kenal Lingkungan Kemendikbud menghimbau orang tua agar mendampingi anak mereka pada saat pertama masuk sekolah, Senin (18/8). Tampak sejumlah wali murid antusias saat mengantarkan anak mereka masuk sekolah di SDN 36 Gunung Sarik, Padang. (HUDA PUTRA)

PADANG, HALUAN — Sejumlah orang tua terlihat antusias me­ngantar anaknya sekolah pada hari pertama masuk sekolah dasar. Mereka tampak memadati di sejumlah Sekolah Dasar (SD), seperti SDN 10 Sungai Sapih, Kuranji dan SDN 36 Gunung Sarik sejak pukul 07.00 WIB.  Salah satu orang tua murid SDN 10 bernama Sri Rahayu mengaku senang. Ini kali pertama dirinya mendampingi anaknya yang baru kelas 1 sampai masuk ke dalam kelas dan menemui guru-gurunya.

“Ini baru pertama kali se­kolah, memang bagus didam­pingi seperti ini sehingga me­m­bangun keberaniannya,” ungkap warga Kampung Baru tersebut.

Baca Juga : Warga Sungai Sapiah Padang Mulai Berdatangan Menyambut Kedatangan Jenazah Angga

Hal serupa di ungkapkan, Delmy Iskandar, salah seorang wali murid SDN 36 Gunung Sarik. Ia juga senang dapat me­li­hat anaknya mengikuti ke­gia­tan sekolah pada hari per­ta­manya. Menurutnya orang tua mengantar dan men­dampingi anaknya di hari pertama masuk sekolah merupakan hal yang seharusnya. “Itu wajar saja, namanya saja anak baru pertama sekali masuk sekolah, pasti diantar oleh orang tuanya kan,” terangnya.

Kepala SDN 10 Sungai Sapih, Yurmanovita (50) me­ngung­kap­kan bahwa, khusus murid kelas satu pada hari pertama sekolah agenda kegiatannya adalah pe­ngenalan lingkungan sekolah.  Untuk tahun ajaran kali ini SDN 10 Sungai Sapih, menerima 120 murid baru yang terbagi dalam empat kelas.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami

Pengenalan Lingkungan

Berbeda dengan SD, bagi siswa SMA atau sederajat, tak tampak orang tua yang menemani murid baru. Di SMA Adabiah 2, murid baru dibekali sejumlah materi seperti wawasan ling­kungan sekolah dan Ke­ada­biahan, Wiyatamandala, dan sejumlah materi lainnya, selama tiga hari ke depan. “Pemberian materi akan di dampingi Wali kelas, yang memberikan materi dari berbagai pihak, seperti seko­lah, kepolisian dan dinas ke­se­hatan,”kata Wakasek SMA Ada­biah 2 Bidang Kesiswaan, Mastini.

Baca Juga : Layanan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Padang Teken MoU dengan Puskesmas Anak Air

Sementara itu di MAN 2 Padang, penerimaan murid baru diwarnai dengan operasi semut dalam rangka Pengenalan Ling­kungan Sekolah(PLS) kepada 395 siswa baru pada hari pertama sekolah, Senin(18/7).”Kegiatan ini diadakan dalam rangka pe­ngenalan profil dan tata tertib sekolah kepada siswa baru atau lebih dikenal dengan masata’aruf, “ ucap Wakil Kepala Bidang Kemahasiswaan, Al Anshari.

Al menjelaskan bahwa acara PLS ini diadakan mulai tanggal 18 Juli hingga 21 juli 2016. Puncak operasi semut akan di­adakan pada hari Kamis (21/7).

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

Menurut Al,kegiatan operasi semut ini pada dasarnya me­ngajak siswa untuk peduli akan ling­kungan yang bersih dan sehat. Hal ini dilakukan dalam bentuk go­tong royong (Goro) mem­ber­sihkan lingkungan sekolah dan se­kitarnya. Acara tersebut ditutup pada hari Kamis dan diadakan goro bersama antara guru dan siswa membersihkan sampah di ling­kungan sekolah dan se­kitarnya.

Ririn, siswa baru yang ikut PLS di MAN 2 mengatakan, sangat terbantu dengan adanya kegiatan pengenalan ini. Ia lebih mengenal profil dan aturan seko­lah. “Selain pembekalan materi mengenal profil sekolah dan tata tertibnya, kami juga dibekali dengan kegiatan-kegiatan Islami yang dapat menunjang rasa ke­de­katan antara siswa baru dan juga pihak sekolah,” jelasRirin. (h/mg-eby/mg-hud)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]