Wartawan Haluan Raih Satya Lencana Wira Karya

Sumbar Terima 12 Penghargaan Koperasi


Selasa, 19 Juli 2016 - 07:20:33 WIB
Sumbar Terima 12 Penghargaan Koperasi Wartawan Haluan Rusdi Bais.

Dalam bidang koperasi, Sumbar boleh berbangga. Tahun ini 12 penghargaan nasional berhasil diperoleh.

PADANG, HALUAN – Provinsi Sumbar mendapat 12 penghargaan di bidang koperasi tahun 2016 ini. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya menerima sembilan penghargaan dalam perayaan Hari Koperasi Nasional tersebut.

Namun, yang membanggakan selain menerima lima penghargaan untuk bidang Bakti Koperasi, dan enam bidang Koperasi Berprestasi Sumbar juga mendapat satu peng­hargaan Satya Lencana Wira Karya yang diberikan kepada tokoh mas­yarakat dan juga wartawan Haluan  Rusdi Bais.

Pelaksana Tugas (Plt) Koperasi dan UMKM Sumbar, Zirma Yusri, kepada media mengatakan ini

merupakan prestasi yang mem­bang­gakan bagi Sumbar. Sebagai provinsi yang melahirkan tokoh Koperasi Indonesia, Sumbar terus memperlihatkan kinerja untuk terus membangkitkan koperasi di Sumbar.

“Diharapkan ini akan mem­beri semangat kepada kabupaten/kota lain di Sumbar untuk terus membenahi koperasi yang ada di daerahnya. Butuh inovasi dan kerja keras tentunya,”tukasnya saat ditemui di ruang kerjanya Senin (18/7).

Dari catatan Dinas Koperasi dan UMKM beberapa nama yang menerima penghargaan Bakti Koperasi dan UKM tahun 2016 yaitu, Walikota Payakumbuh Riza Falaepi, Walikota Sawahlunto Ali Yusuf, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Kepada Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabu­paten Sijunjung Febriza Ansori dan Ketua Dekopinda Kabupaten Limapuluh Kota Kasman Kasim.

“Sementara untuk Satya Len­cana Wira Karya itu akan lang­sung diserahkan Presiden Joko Widodo pada perayaan Hari Kope­rasi ke-69 di Halaman Kantor Gubernur Jambi pada 21 Juli 2016 mendatang,”terang Zirma Yusri.

Untuk penerima Koperasi Award 2016 yang diberikan kepa­da enam Koperasi Berprestasi di Sumbar di antaranya, KSUKB BPD Sumbar dari Kota Padang, KPN Matur Agam, KPN Pemda Kota Padang, Primkopol Resort Pariaman, KUD Bina Usaha Kabu­paten Dharmasraya, dan Koperasi Koto Kaciak Kabupaten Lima­puluh Kota.

“Penghargaan Koperasi Ber­prestasi ini diberikan Menteri Koperasi pada acara perayaan Hari Koperasi 2016 di Jambi,” lanjutnya.

Menurutnya, kabupaten/kota yang belum menerima peng­hargaan di bidang koperasi ini bukan tidak memiliki potensi hanya saja masih butuh penge­lolaan yang lebih serius lagi ke depan. “Dengan memberikan anggaran yang mencukupi untuk pengembangan koperasi misalnya Rp100 juta per tahunnya,” ungkapnya.

Pemerintah kabupaten/kota juga diminta untuk bisa mensin­kronkan program provinsi dengan program di daerah terutama dalam pengembangan koperasi. “Kalau hanya di provinsi yang giat sementara di kabupaten/kota masih seperti itu tentu hasilnya juga tidak akan maksimal,”kata Zirma Yusri saat didampingi beberapa orang Kepala Bidang­nya Ance, Junaidi dan Syafrizal Kadar.

Wartawan Pertama

Bercerita tentang Rusdi Bais. Anak keempat dari tujuh ber­saudara ini merupakan wartawan pertama di Sumbar yang menerima penghargaan Satya Lencana Wira Karya bidang Koperasi. Perha­tian­nya yang tinggi terhadap koperasi membuatnya dihadiah­kan penghargaan tersebut yang akan diserahkan langsung Presi­den Joko Widodo pada saat Hari Koperasi ke-69 di Jambi nanti.

Kesibukan pria kelahiran Pa­dang, 7 November 1957 ini selain  sebagai wartawan ia juga aktif di berbagai organisasi. Bahkan ia juga menerbitkan media intern Dinas Koperindag Sumbar berupa tabloid ‘Forum Koperasi’ sejak Mei 2005 hingga 2015.

Rusdi Bais juga senang me­nulis, ia kerap diganjar dengan penghargaan dari hasil karya tulisnya. Terhitung sudah delapan kali suami dari Diani Roza ini mendapat pengharagaan nasional karya tulis jurnalistik. Di anta­ranya, Juara 1 Nasional Lomba  Penulisan Terumbu Karang (1998) dan tiga kali berturut-turut memenangkan lomba perko­pera­sian yang diselenggarakan Ke­men­terian Koperasi dan UMKM RI yaitu tahun 2003, 2004 dan 2005.

“Perhatiannya kepada ko­perasi di Sumbar sangat luar biasa, bahkan melebihi dari pegawai di sini,”kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar Zirma Yusri berkelakar.

Menurutnya, sosok seperti ini seharusnya perlu dicontoh ba­nyak pihak di Sumbar. “Sema­ngatnya untuk kemajuan koperasi di Sumbar sangat bagus. Diha­rapkan dengan penghargaan ini akan semakin membuatnya terus bersemangat untuk berkarya un­tuk koperasi di Sumbar,”tuturnya.

Menurut Rusdi Bais, potensi koperasi di Sumbar sangat besar, hanya saja membutuhkan kese­riusan dari pelakunya untuk benar-benar memajukan koperasi. Koperasi apabila dikelola dengan maksimal akan sangat membantu dalam kehidupan bermasyarakat terutama dalam menggenjot pere­konomian masyarakat.

“Seperti Koperasi di Tiku, Tang­jung Raya, dan Koperasi Tabek di Kota Solok. Itu layak ditiru bagaimana mereka bisa mengem­bangkan kope­rasinya,” ungkapnya. (h/isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]