PEMKAB-UNAND TEKEN KERJASAMA

Sungaikamuyang Dijadikan Kawasan Agrowisata


Jumat, 22 Juli 2016 - 03:10:11 WIB
Sungaikamuyang Dijadikan Kawasan Agrowisata

LIMAPULUH KOTA, HA­LUAN — Pemkab Lima­puluh Kota serius menggarap potensi nagari guna me­ma­jukan ekonomi melalui pe­ngem­bangan kawasan agro­wisata. Sebagai proyek per­contohan Pemkab Lima­puluh Kota menjajaki kerjasama dengan Universitas Andalas (Unand) Padang.

Upaya kerjasama kali ini yakni dalam rangka me­wu­judkan pembangunan ka­wasan agrowisata di Jorong Sibaladuang, Nagari Su­ngai­kamuyang, Kecamatan Lu­hak. Penandatanganan Me­mo­randum of Understanding (MoU) antar dua instansi terkait pengembangan ka­wasan agrowisata itu, digelar seiring peletakan batu pertama tanda dimulainya pem­ba­ngunan kawasan agrowisata di daerah setempat, Rabu (20/7) sore.

Baca Juga : Pastikan Listrik Aman Saat Lebaran, PLN Sumbar Gelar Vicon dengan Jajaran

Hadir dalam agenda itu, selain Wakil Bupati Ferizal Ridwan, Rektor Unand, Prof Dr Tafdil Husni, Kepala Dinas Pertanian, Camat Luak, unsur Muspika,  Wali­nagari hingga para tokoh masyarakat. Turut disaksikan Ketua KAN Sungai­ka­mu­yang, para tokoh masyarakat, serta puluhan mahasiswa Unand yang tengah men­gikuti kegiatan KKN di na­gari setempat.

Wali Nagari Su­ngai­ka­muyang mengaku sangat mendukung kerjasama antara Pemkab dengan Unand, agar rencana kawasan agrowisata yang terletak di tanah ulayat seluas 96 Hektare di daerah kaki Gunung Sago itu dapat segera terwujud. Dia me­nyebutkan, selama ini pe­merintah nagari bersama unsur masyarakat terus men­dorong pemerintah daerah agar merealisasikan wacana tersebut di daerahnya.

Baca Juga : Sekdako Sonny Turun ke Lapangan Pastikan Satgas Kelurahan di Padang Panjang Berjalan

Rencana pengembangan kawasan agrowisata ini, ka­tanya, bahkan sudah di­ma­sukkan ke dalam Peraturan Nagari (Pernag). Sedianya, ia berharap, dibangunnya ka­wasan agrowisata nantinya bisa menopang pendapatan dan perekonomian masya­rakat, yang selama ini mayo­ritas cuma bekerja tani perkebunan.

Wabup Ferizal Ridwan menyebut, Pemkab akan serius mewujudkan pelbagai program yang menyangkut pengembangan ekonomi ke­ma­syarakatan dari tingkat kecamatan, nagari hingga jo­rong. Apalagi melalui ker­jasama dengan pihak Unand, yang sudah mempunyai ka­jian secara akademik.

Ferizal mengaku apresiasi atas kepedulian Unand ter­hadap pembangunan di dae­rah Limapuluh Kota. “Be­rikut juga kepada Wali Nagari Sungaikamuyang yang telah memasukkan wacana terse­but ke dalam Pernag serta RPJM Nagari, sesuai UU No 6 tahun 2013 tentang Desa dan UU No 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah,” kata Ferizal dalam sam­butannya.

Wabup meminta Badan Musyawarah (Bamus) ikut mendukung serta berperan aktif dalam pemerintahan nagari. Adanya kerjasama dengan Unand, masyarakat serta perantau juga diminta ikut berpartisipasi baik dalam bentuk dukungan maupun masukan sehingga tercipta gerakan ‘sato sakaki, mam­bangun nagari’.

“Perangkat kerja di nagari segeralah membuat pemetaan atau rencana pengembangan agrowisatanya. Seperti ren­cana pemetaan untuk pem­bangunan rumah pohon, home stay, taman labirin, wisata berkuda, flying fox, paninjauan, rumah kayu, wi­sata strawbery, hotel, wisa­ta ternak atau kawasan mo­tor­cross. Nanti baru kita bahas fa­silitas penunjangnya,” sebut­nya.

Rektor Unand, Prof Dr Tafdil Husni, mengatakan pengembangan kawasan agro­­­wisata di Sungai­ka­mu­yang akan terwujud apabila memperoleh dukungan ma­syarakat serta dari pe­me­rintah daerah. Program ini juga akan berpengaruh besar ter­hadap perekonomian ma­sya­rakat jika serius dikem­bangkan. Apalagi Sungai­kamuyang memiliki potensi alam yang cukup memadai. (h/zkf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]