Genius Umar Raih Koperasi Award 2016


Jumat, 22 Juli 2016 - 03:12:19 WIB
Genius Umar Raih Koperasi Award 2016 Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar, menerima Piagam Penghargaan Bakti Koperasi dan UMKM dari Menteri Koperasi dan UMKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

PARIAMAN, HALUAN — Wakil Walikota Pariaman Genius Umar juga menerima penghargaan Koperasi Award 2016 bidang Bakti Koperasi dan UMKM yang diberikan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, pada acara Penyerahan Penghargaan Ko­perasi Berprestasi dan Koperasi Award tahun 2016, Jambi (21/7).

 Untuk Provinsi Sumatera Barat, yang mendapat penghargaan Bakti Koperasi dan UKM tahun 2016 yaitu, Walikota Payakumbuh, Riza Falapi, Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Sijunjung, Febrizal Ansori, dan Ketua Dekopinda Kabupaten Limapuluh Kota, Kasman Kasim.

Baca Juga : Baznas Pasaman Salurkan Zakat untuk Mustahik, Totalnya Rp134,5 Juta

 Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyatakan dalam sambutannya, saat ini di Indonesia, kurang dari 50 % koperasi yang tidak aktif dan tidak lagi melakukan Rapat Akhir Tahunan (RAT). Karena itu kami menghimbau agar perlu melakukan sinergi dengan daerah untuk reformasi dari koperasi, serta penguatan kelem­bagaan. ”Kope­rasi tidak perlu banyak, tetapi di­ting­katkan kualitasnya. Kita perbanyak anggota koperasi bukan mem­per­banyak koperasinya, sehingga koperasi yang ada kedepannya akan menjadi mandiri. Dalam pengembangan kope­rasi, kita sudah lakukan kerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjadikan koperasi sebagai salah satu penyalur Kredit Usaha Rakyat 9KUR) di tengah masyarakat” jelasnya.

 Sedangkan Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Pusat, Nurdin Halid, mengatakan, koperasi adalah pondasi ekonomi berdikari. Kita menganjurkan agar Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) berbadan hukum koperasi. Karena Bumdes yang ada, akan memperkuat ekonomi di desanya.

Baca Juga : Angka Kematian Karena Virus Corona di Sumbar Bertambah 11 Kasus

Genius Umar mengucapkan teri­makasih kepada Kementerian Kope­rasi dan UKM dan tim penilai yang telah datang ke Kota Pariaman pada bulan Mei yang lalu, dalam men­dengarkan pemaparan atas apa yang telah dikerjakan. Alhamdulillah, dalam penilaian tersebut, kita ter­masuk salah satu penerima penghargaan Bakti Koperasi dan UKM tahun 2016, yang diserahkan langsung oleh bapak Menteri.”Ini semua tidak terlepas dari keinginan masyarakat Kota Pariaman yang mulai memahami arti pentingnya keberadaan koperasi sebagai salah satu upaya dalam peningkatkan ekonomi kerakyatan di dalam kehidupan me­reka sehari-hari. Dan terima kasih juga atas kerja keras dari Dinas Koperindag Kota Pariaman dalam memberikan pengarahan kepada koperasi yang ada di Kota Pariaman,” kata Genius Umar.

Kadis Koperindag Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit menjelaskan, Wakil Walikota Pariaman telah banyak mengambil peranan dalam mem­bangun kemajuan koperasi di Kota Pariaman. Salah satunya dengan membuat kerjasama dengan Telkom Indonesia dan BNI, dalam rangka membuat Kampung Digital dan Kam­pung UMKM, serta membuat gerai Toko Online, yang pada saat ini di Kota Pariaman telah ada sebanyak 169 gerai Toko Online.

 Kota Pariaman, kata Gusniyeti, juga telah menandatangani MoU dengan Kementerian Keuangan RI dalam rangka SIKP, yaitu system yang terintegritas dengan perbankan dalam hal peminjaman modal usaha, yang mana Kota Pariaman melalui Dinas Koperindag kota Pariaman telah mendata 3.959 UMKM yang ter­masuk dalam SIKP ini.”Sejak dilantik tahun 2013 lalu, kami langsung dipanggil dan mendapat tugas dari bapak Genius Umar, untuk me­ngi­dentivikasi serta pendataan berapa jumlah koperasi yang ada di Kota Pariaman dan berapa yang sudah tidak aktif lagi, berkat bimbingan beliau saat ini sudah ada 7 koperasi yang hampir bubar, telah diaktifkan kembali,” jelasnya. (h/mg-fyt)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]