PELAYANAN LAMBAT DIKELUHKAN

Ramai Warga Urus KTP di Disdukcapil


Jumat, 22 Juli 2016 - 03:22:51 WIB
Ramai Warga Urus KTP di Disdukcapil KANTOR Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang ramai oleh warga yang hendak mengurus akte dan KTP. (HUDA PUTRA)

PADANG, HALUAN— Kan­tor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Si­pil (Dis­dukcapil) Kota Padang ramai oleh warga yang hendak mengurus akte dan KTP.

Kepala Dinas Kepen­du­dukan dan Pencatatan Si­pil (Disdukcapil) Kota Pa­dang Wedistar pada Haluan, kemarin mengatakan bahwa bagian pengurusan KTP seti­ap harinya hampir melayani 200 orang.

Baca Juga : Lakukan Mutasi Besar-besaran, Hendri Septa: Penyegaran Birokrasi

“Ini karena surat Me­n­dagri dimana warga sekarang mengurus KTP langsung ke Disdukcapil, sehingga se­karang tampak ramai. Ini agar warga semakin mudah mengurus pembuatan KTP,” sam­bung­nya.

Lebih lanjut dirinya me­ngatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan transisi terkait surat Me­ndagri tersebut, dan meng­upayakan pelayanan sem­purna dalam dua minggu kedepan.

Baca Juga : Hendri Septa Kembali Lantik 194 Pejabat Eselon III dan IV

“Minggu depan kita upayakan sudah sempurna. Sekarang kan sudah mudah, namun masyarakat ingin lebih cepat selesai, padahal dalam undang-undang, waktu pengurusan paling lambat 14 hari,” terangnya.

Karena ramainya warga yang mengurus, mereka jadi kesal ketika ada petugas yang terlambat.

Baca Juga : Walikota Padang Hendri Septa Terima 500 Paket Sembako bagi Petugas DLH dari BNI Wilayah 02 Sumbar Riau Kepri

Andri (36), mengatakan bahwa awalnya petugas me­nyuruhnya kembali saat jam satu setelah istirahat siang untuk pengurusan KTP elektronik.

“Harusnya jam satu tadi sudah diurus, namun sampai jam dua lewat petugas belum ada. Kata yang lain, mereka pergi melayat,” terangnya saat ditemui Haluan, Rabu (20/7).

Baca Juga : Bangun Industri CPO dan Turunannya di Kota Padang, Hendri Septa Tinjau PT Padang Raya Cakrawala

Dirinya mengatakan, bah­wa tadi sejumlah warga yang telah lama menunggu sempat kesal karena hingga jam dua petugas belum kembali.

Menurutnya, ken­da­ti­pun pergi menjenguk, ha­rusnya petugas me­nyiapkan per­wakilan atau petugas peng­ganti di tem­pat. ”Kenapa harus semua yang di bagian tersebut pergi, apa tidak ada perwakilan,” terangnya.

Ari salah seorang staf Disdukcapil Kota Padang membenarkan kalau sewaktu jam istirahat petugas bagian pengurusan KTP elektronik pergi melayat.

“Ada mertua anggota yang me­ninggal, jadi pada pergi me­layat. Sekarang su­dah kem­bali dan juga dibantu anggota lain­nya,” terangnya. (h/mg-hud)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]