Listrik Sumbar Belum Aman


Jumat, 22 Juli 2016 - 03:36:38 WIB
Listrik Sumbar Belum Aman Manajer Umum dan SDM PLN Wilayah Sumbar Lala Arif Fadila didampingi Deputi Manajer Humas, Remialis beserta staf Emelia Tabing dan Fefi Desmayeti (kiri) saat bekunjung ke Haluan, Kamis (21/7). Mereka berdialog tentang kelistrikan Sumbar dengan Pemimpin Umum Haluan Zul Effendi, Pemimpin Perusahaan David Ramadian dan Redaktur Pelaksana Ismet Fanany MD. (RIVO)

PADANG, HALUAN — Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Sumbar masih gamang, kemampuan dalam penyaluran dan cadangan listrik masih belum mencapai batas aman. Diperlukan suplai tambahan dan interkoneksi ke seluruh jaringan.

Hal ini disampaikan Ma­najer Umum dan SDM PLN Wilayah Sumbar, Lala Arif Fadila dan Deputi Manajer Humas, Remialis didampingi staf Emelia Tabing dan Fefi Desmayeti saat berkunjung ke Haluan, Kamis (21/7).

Remialis menyampaikan, sumbar perlu tambahan daya dengan cara membangun pem­bangkit listrik yang baru serta peningkatan jaringan interkoneksi.

“Kini ada jaringan inter­koneksi Sumatera 150 kV menghasilkan 250 MW dan yang masuk ke Sumbar hanya 70 MW dan lebihnya masuk Riau. Sumbar bisa menarik lebih besar jika jaringan ter­sebut sudah diganti menjadi 275 kV lebih aman lagi kalau pembangkit seperti PLTP Muaro Labuah, dan pem­bangkit lainnya selesai maka baru dikatakan aman,” katanya.

Lebih lanjut Remilis mengatakan, beban puncak di Su­matera bagian tengah termasuk Sumbar 509 MW. Sedangkan jumlah pem­bangkit menghasilkan 540 MW atau surplus 30 MW. Namun ketika ada pemeli­haran satu pembangkit seperti Teluk Sirih, maka daya akan hilang 100 MW atau terjadi kekurangan 70 MW.

“Ditargetkan pada 2019 ini semua sudah selesai dan terkoneksi semua. Kalau ada gangguan pembangkit dari Teluk Sirih, Batang Agam, dan di Singkarak, cadangan Sum­bar akan tetap aman,” terangnya.

Lebih lanjut ia me­nyam­paikan, pembangunan inter­koneksi tersebut terkedala pembebasan lahan di daerah. Salah satunya ada di Paya­kumbuh, Limapuluhkota, Sijunjung, Kilira Jao, Tilatang Kamang.

Sumatera Bagian Tengah (Sumbar, Riau dan Jambi) banyak bergantung pada sum­ber daya air. Ratio Elek­trifikasi Sumbar saat ini sudah mencapai 83,2%, di mana ratio terendah di Kepulauan Mentawai.

Sementara Pemimpin Umum Harian Haluan Zul Effendi menjelaskan, perma­salahan pembebasan lahan perlu melibatkan kepala dae­rah masing, masing. Hal ter­sebut juga akan memberi manfaat besar bagi kemajuan wilayah.

“Majunya suatu wilayah, tentunya didukung dengan masuknya jaringan listrik. Untuk itu perlu dukungan semua pihak termasuk kepala daerahnya,” terangnya.(h/rvo)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 15:23:26 WIB

    DPRD Padang Apresiasi PLN yang Ringankan Beban Listrik Warga

    DPRD Padang Apresiasi PLN yang Ringankan Beban Listrik Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM - Komisi II DPRD Kota Padang mengunjungi PT. PLN UP3 Padang,  untuk mengetahui kesiapan PLN dalam menghadapi masa pademi Kovid-19 di Kota Padang. .
  • Jumat, 26 April 2019 - 16:02:02 WIB

    PLN Jangan Padamkan Listrik Selama Ramadan

    PLN Jangan Padamkan Listrik Selama Ramadan PADANG,HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang meminta kepada PLN, tidak memadamkan listrik saat bulan suci Ramadhan yang tak lama lagi..
  • Senin, 16 Oktober 2017 - 05:35:28 WIB

    PLN dan Bapenda Razia Listrik

    PLN dan Bapenda Razia Listrik PADANG, HALUAN - Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang razia pengguna listrik ilegal, Jumat (13/10) malam. Razia langsung dilakukan bersama PLN yang didukung oleh Satpol PP. Da.
  • Jumat, 01 September 2017 - 02:01:57 WIB

    Gempa Tengah Malam, Ada Tiang Listrik Roboh ke Jalan

    Gempa Tengah Malam, Ada Tiang Listrik Roboh ke Jalan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Akibat gempa bumi berkekuatan 6,2 skala richter yang berpusat di Kepulauan Mentawai pada Jumat (1/9/2017) dinihari membuat tiang listrik di jalan lintas Padang-Painan roboh ke jalanan. Beruntung tid.
  • Sabtu, 05 Agustus 2017 - 13:30:42 WIB

    Berada di Ibu Kota Provinsi, Listrik Kampung Sungkai Baru di Jalan

    Berada di Ibu Kota Provinsi, Listrik Kampung Sungkai Baru di Jalan PADANG, HALUAN—Sebagian wilayah Kampung Sungkai di Kelurahan Labung Bukit, Kota Padang, hingga kini belum dialiri listrik. Untuk menerangi rumah, masyarakat di sana menggunakan lampu minyak tanah. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]