Kuota Mahasiswa Baru IAIN IB Terpenuhi


Jumat, 22 Juli 2016 - 11:17:51 WIB
Kuota Mahasiswa Baru IAIN IB Terpenuhi Warek Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Ikhwan Matondang.

PADANG, HALUAN — Kuota penerimaan calon mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) Padang tahun akademik 2016/2017 sebanyak 3.400 orang terpenuhi, setelah 22 ribu calon pelamar mengikuti serangkain tes masuk.

Hingga Kamis (21/7), IAIN IB telah menyelenggarakan tiga jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan SPMB regular. Sementara jalur mandiri masih menerima pendaftar hingga 27 Juli mendatang.

Warek Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Ikhwan Matondang, di ruang kerjanya, Kamis, (21/7) m­­e­ngatakan, untuk jalur mandiri ini pihak kampus menyedikan 885 kursi untuk 26 program studi. “Khusus untuk jalur ujian masuk mandiri kami akan membuka peluang sebesar-besarnya kepa­da calon mahasiswa yang tidak lolos di jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN bagi alumni MAN, SMK, SMA dan pondok pe­santren yang telah lulus sebelum tahun ajaran 2016. Silahkan peserta nantinya bersaing secara sehat dengan mengikuti proses yang akan dilaksanakan antara tanggal 2-3 Agustus 2016,” terang Ikhwan.

Ia juga mengatakan, pada jalur SPAN yang telah dibuka sebelumnya, peminatnya cukup tinggi yakni mencapai 16.660 orang. Sedangkan yang sudah mendaftar ulang dan ditetapkan sebagai calon mahasiswa hanya 1.238 orang. Untuk jalur UM-PTKIN peminatnya mencapai 3.833 orang  sementara yang mengikuti testing sebanyak 1.482 orang. Dari peserta ter­sebut panitia pusat akhirnya me­luluskan calon untuk perguruan tinggi tertua ini sebanyak 1.277 orang.

Berdasarkan rekapitulasi yang ada, tambah mantan Dekan Fakultas Ushuluddin tersebut, prodi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam paling diminati. Yaitu prodi Manajemen Per­bankan Syariah (3.243 orang) dan Ekonomi Islam (1.229 orang).

Untuk peminat urutan tiga, empat dan lima besar adalah prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (1.728 orang), Psikologi Islam (1.471 orang) Fakultas Ushu­luddin dan Bimbingan Konseling Fakultas Dakwah sebanyak 1.186 orang. ”Prodi paling sedikit pe­minatnya adalah Perbandingan Mazhab dan Hu­kum Fakultas Syariah yakni sebanyak 48 orang. Ke depan jurusan itu harus lebih dipacu kualitasnya,” ucap Ikh­wan. (h/eni)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 13 September 2018 - 11:30:30 WIB

    Padang Dapat Kuota Terbesar di Sumbar, Ada 558 Formasi CPNS

    Padang Dapat Kuota Terbesar di Sumbar, Ada 558 Formasi CPNS PADANG, HARIANHALUAN.COM--Terkait kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretaris Daerah Kota Padang, Asnel mengatakan, Padang mendapatkan kuota yang lebih besar dari Agam, yakni mencapai 558 orang. Penerimaan guru SD meru.
  • Senin, 29 Agustus 2016 - 11:56:49 WIB

    Kuota Bidikmisi Akhirnya Ditambah

    PADANG, HALUAN —Uni­versitas Andalas akhirnya men­dapatkan tambahan kuota bi­dik­misi. Dari 490 kuota yang di­sedia­kan oleh Kemenristekdikti, kini ditambah hingga menjadi 1.000 penerima bidikmisi. Na­mun, hal ini ti.
  • Ahad, 24 Juli 2016 - 16:37:03 WIB

    Kuota Belum Pasti, Unand Belum Umumkan Hasil Verifikasi Penerima Bidikmisi

    Kuota Belum Pasti, Unand Belum Umumkan Hasil Verifikasi Penerima Bidikmisi PADANG, HALUAN — Universitas Andalas (Unand) belum memastikan kapan akan mengumumkan hasil verifikasi penerima Bidikmisi 2016. Hal tersebut ditenggarai karena belum adanya jawaban resmi dari Kemenristekdikti menanggapi sura.
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 07:09:48 WIB

    Kuota Bidikmisi Ditambah, Universitas Andalas Belum Terima Kepastian

    Kuota Bidikmisi Ditambah, Universitas Andalas Belum Terima Kepastian PADANG, HALUAN — Kuota Bidikmisi Universitas Negeri Padang (UNP) akhirnya kembali ditambah Kemenristekdikti. Sementara, Universitas Andalas, masih belum mendapat kepastian tentang penambahan kuota. Sebelumnya, kuota Bidikmi.
  • Rabu, 11 Mei 2016 - 04:38:40 WIB

    Realisasikan Kuota 30 Persen di Parlemen

    Realisasikan Kuota 30 Persen di Parlemen PADANG, HALUAN—Un­tuk keempat kalinya, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Sumbar menggelar kegiatan peningkatan SDM perempuan politik di Sum­bar. Kali ini dengan menghadirkan 74 peserta dari Kabupaten dan Kota Solok. Har.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]