Rumah Sakit Bersalin Restu Ibu Melayani dengan Kasih Ibu


Sabtu, 23 Juli 2016 - 01:22:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Rumah Sakit Bersalin Restu Ibu Melayani dengan Kasih Ibu PLANG RSB Restu Ibu di Jln. Tarandam No 5-7.

Rumah Sakit Bersalin “ Restu Ibu” di Jalan Jln. Tarandam No 5-7, Padang, berdiri sejak tahun 1967. Didirikan oleh Hj. Nurhima Daut yang saat ini telah berusia 85 tahun.

Meski kini ia tak mampu berjalan dan menggunakan kursi roda, namun Nurhima masih ter­lihat kuat dan mampu mela­kukan apel pagi kepada pasien rumah sakit tersebut.

Awalnya Nurhima pang­gilan akrabnya, adalah bi­dan yang membantu per­salinan dari rumah ke rumah.

Mendapat sambutan po­sitif dari warga terhadap usahanya membantu proses melahirkan, Nurhima beri­nisiatif untuk membangun sebuah rumah bersalin di dekat rumahnya.

Dari rumah kecil itulah ia mulai merintis menjadi  klinik resmi untuk rumah sakit bersalin. Jelang beberapa tahun per­jalanan kliniknya, ia mencanangkan menjadi sebuah rumah sakit bersalin “Restu Ibu” .

“RSB yang dibangun dengan pe­nuh perju­angan oleh Nurhima dan sua­mi­nya sek­a­rang telah menjadi Ru­mah Sakit Ibu dan Anak Restu Ibu,” terang Nini Musbar (47), Wakil Direktur RSB Restu Ibu pada Haluan Ming­gu.

Ia menceritakan perja­lanan rumah sakit untuk mejadi seperti sekarang tidaklah mudah dan sarat degan perjuangan dan air mata.  Kini banyak ibu yang mempercayakan persali­nan­nya di RSB yang memiliki moto “Melayani dengan Kasih ibu” ini.

Nina me­nga­takan,” me­layani dengan kasih ibu” ada­lah salah satu mot­to RS yang mampu meng­an­tar­kan RSB Restu Ibu men­jadi salah satu RS yang ramai pengunjung

Ditambahkannya rumah sakit ini khusus melayani pemeriksaan ibu hamil, pro­ses kelahiran , dan kesehatan anak di bawah umur lima tahun. Setiap harinya lima sampai sepuluh orang pasi­en datang untuk memeriksa kehamilan dan men­daftar­kan diri untuk persiapan persalinan.

“Mereka akan diperiksa oleh dokter spesialis menge­nai kandungan dengan me­lakukan USG terhadap kon­disi bayi. Jika kondisi bayi dan Ibu  dalam keadaan sehat, maka sang ibu dapat melahirkan  secara normal.

Sebaliknya, jika ada in­dikasi medis yang memba­hayakan kondisi ibu dan anak maka dilakukan ope­rasi Caesar oleh dokter yan­g ahli di bidangnya,” terang­nya.

Ia menjelaskan bahwa setiap dua kali sehari dila­kukan apel bagi untuk pa­sien dan pengontrolan se­cara berkala terhadap pasien yang rawat inap.

Selain itu, dari suplay makanan diberikan makan yang sehat dan bergizi untuk meningkatkan Air susu ibu (ASI) dan mempercepat pe­nyem­buhan pasca mela­hir­kan.

Hal inilah yang men­jadikan rumah sakit bersalin ini menjadi incaran bagi banyak orang, terutama da­lam pelayanan yang baik dan juga keramah tamahan dari pihak RS terhadap pa­sien.

Adin, salah seorang Staf Administrasi di Rumah Sa­kit Restu Ibu mengatakan bahwa untuk biaya persa­linan secara normal dan Caesar sangat jauh berbeda.

Untuk persalinan nor­mal dimulai dari Rp3.500.000 hingga Rp11.500.000, ter­gantung paket dan jenis ruangan yang dipilih.

Sedangkan untuk Cae­sar akan dikenakan tarif paling rendah Rp 6.500.000 hingga 19.750.000, ter­gantung tingkat kesulitan dan kondisi bayi di dalam kandungan.

Pihak rumah sakit sudah mencanangkan adanya BPJS  bagi masyarakat dan masih dalam proses persetujuan dan ferifikasi data.

“ Kemungkinan setahun lagi, RS sdah terbuka bagi pasien BPJS,” kata dini men­erangkan. (*)

 

Laporan: DEBI AYU LESTARI



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 11 Juni 2016 - 01:05:24 WIB
    Tawarkan Kesan Mewah Dan Elegan

    Lampu Hias, Percantik Loteng Rumah

    Lampu Hias, Percantik Loteng Rumah Zaman sekarang semua serba modern dan selalu terdapat inovasi baru dalam berbagai hal termasuk design rumah. Jika dulu rumah hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, saat ini rumah bisa dikatakan menjadi objek seni karena bany.
  • Sabtu, 28 Mei 2016 - 02:00:22 WIB

    Rumah Sakit Naili DBS Terdepan dalam Pelayanan

    Rumah Sakit Naili DBS Terdepan dalam Pelayanan Gubernur Sumbar Ir­wan prayitno telah meres­mikannya pada 4 April 20­16 lalu bersama Walikota Padang Mahyeldi An­sha­rullah. Rumah Sakit ini me­miliki visi menjadi rumah sakit pilihan dan terdepan dalam pelayanan keseha.
  • Sabtu, 23 April 2016 - 01:04:09 WIB
    Dirut RSUP M Djamil Padang Yusirwan Yusuf

    Rumah Sakit Targetkan Raih Akreditasi Paripurna

    Rumah Sakit Targetkan Raih Akreditasi Paripurna Dr.dr .Yusirwan Yusuf SpB SpBA (K) Mars pada 7 Maret 2016, dilantik Menteri Kesehatan di Jakarta dan kembali ke RSUP M Djamil Padang menjabat sebagai Direktur Utama. Sebelumnya, Dr dr Yusirwan Yusuf SpB SpBA (K) menjabat Dir.
  • Sabtu, 23 April 2016 - 00:43:30 WIB

    Membangun Rumah Bertahap

    Membangun Rumah Bertahap Membangun secara bertahap atau membangun rumah tumbuh, merupakan hal yang lumrah kita temui di kota ataupun di daerah-daerah. Di kota besar, memiliki tanah yang luas untuk membangun rumah adalah suatu hal yang sulit terutama .
  • Sabtu, 02 April 2016 - 01:00:09 WIB
    Aliza Wallpaper

    Mempercantik Interior rumah

    Mempercantik Interior rumah Rumahku adalah Istanaku. Maka tak heran jika pemilik rumah berupaya semaksimal mungkin untuk mempercantik rumahnya, termasuk dinding rumah. Dinding rumah biasanya dilapisi cat atau wallpaper agar bersih dan menarik, sehingga .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM