MENUNGGAK REKENING AIR

PDAM Putuskan Sambungan Ribuan Pelanggan


Senin, 25 Juli 2016 - 04:12:44 WIB
PDAM Putuskan Sambungan Ribuan Pelanggan

SOLSEL, HALUAN — Ribuan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Solok Selatan (Solsel) terkena dampak pemutusan sambungan air oleh pihak PDAM Solsel. Hal itu dilakukan karena tunggakan pembayaran rekening air melebihi jangka waktu enam bulan.

Direktur PDAM Solsel, Yalfis mengatakakan pemu­tusan sambungan PDAM dila­kukan karena tunggakan yang telah melebihi waktu enam bulan. Penunggak terbanyak terdapat di Kecamatan Pauh Duo. “Kami telah mulai melak­sanakan pemutusan sejak Se­nin,(19/7) sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” katanya  pada  Haluan, Minggu, (24/7).

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

Menurutnya, hal itu dila­kukan untuk mendukung per­baikan pelayanan bagi pe­langgan. “Ada ribuan pelang­gan PDAM yang menunggak. Bagaimana pelayanan bisa maksimal jika banyak tung­gakan, jika pelanggan tepat waktu melakukan pembayaran rekening air tentu pelayanan bisa baik,” tambahnya.

Jangka waktu maksimal enam bulan tersebut diyakini Yalfis adalah batas waktu maksimal. Sedikitnya kerugian PDAM atas tunggakan diper­kirakan sekitar  Rp.1 miliar lebih. “Hendaknya kewajiban pelanggan dilakukan dengan baik sehingga pelayanan bisa maksimal,”keluhnya.

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Terkait pemutusan katanya, dilakukan karena pembe­ritahu­an atas tunggakan telah dibe­rikan sebelumnya baik secara tertuli maupun lisan untuk membayar tagihan tetapi tidak ada respon sehingga, harus dilakukan pemutusan. “Jika telah terputus sambungan air dan jika berkeinginan kembali untuk melakukan sambungan, tetap dikenakan biaya pema­sangan sekitar Rp.50 ribu dan membayar semua tunggakan,” terangnya.

Sementara, seorang warga Jo­rong Pulakek yang tidak mau dise­butkan namanya menga­takan ji­ka ia melakukan tungga­kan pem­bayaran dikarenakan tidak lan­car­nya aliran air PD­AM keru­mah­nya. “Air jarang hidup dan jika­pun hidup hanya mengalir sedikit, mending tidak menggu­nakan air PDAM jika begitu kondisinya,” tandasnya. (h/jef/hel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]