KKN Mahasiswa Unitas, Asah Kompetensi di Masyarakat


Senin, 25 Juli 2016 - 04:54:17 WIB
KKN Mahasiswa Unitas, Asah Kompetensi di Masyarakat

PADANG, HALUAN — Sebanyak 242 mahasiswa Universitas Taman Siswa (Tamsis) mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di berbagai wilayah di Sumatera Barat (Sumbar). Hal tersebut sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Rektor Tamsis, Ki Dr Ir Irwandi Sulin kepada Haluan, Jumat (22/7) mengatakan, mahasiswa harus mampu memberikan marwah generasi muda kepada ma­sya­rakat. Jika gagal, mahasiswa juga akan gagal berkompetensi di lapangan kerja.

“Harus paham, mahasiswa sudah belajar konsep dasar dalam ber­kehidupan. Dengan turun langsung ke masyarakat dapat memberikan kon­tribusi dan me­ngasah ilmunya. Terutama dalam meng­hadapi kemungkinan besar mas­uknya tenaga kerja dari negara luar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Irwandi menyampaikan, mahasiswa sebagai generasi muda harus mengerti, mereka yang masuk ke Indo­nesia adalah orang yang mempunyai kompetensi kerja. Maka secara tidak langsung mahasiswa juga dituntut ber­kompetisi dan menghidupkan dinamika ekonomi.

“Perlu diketahui, peran mahsiswa adalah menghidupkan dinamika eko­nomi. Majunya suatu daerah pasti didukung dengan dinamika ekonomi ini,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, peran mahasiswa KKN juga dapat mendorong bergeraknya ekonomi, seperti adanya usaha nagari, Bamus, LPM, dan lembaga lainnya.

Sementara Ketua LPPM Unitas Arnes Satriani menjelaskan, KKN mahasiswa dimulai Senin (hari ini, red) 25 Juli sampai 10 September, di 13 kecamatan dan lima kota dan kabupaten. Ia menjelaskan, mahasiswa dibagi beberapa kelompok dan ditempatkan di Posdaya yang ada di wilayah yang sudah ditentukan.

“Mereka (mahasiwa) sebelum turun ke masyarakat, juga kami beri pembekalan tematik KKN Posdaya. Pembekalan ini dihadiri oleh anggota DPD RI Emma Yohana dan Kepala BPM Sumbar. Selain itu ada pemateri lainnya seperti Joni Zul­hendra, dan Sepris Yonaldi, dan saya sendiri,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan ditem­pat­kannya mahasiswa di Posdaya dapat memberikan ilmunya kepada masyarakat, baik di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sosial. Tujuan dengan adanya mahasiswa di Posdaya akan me­num­buhkan kesejahteraan di tengah masyarakat.

“Kegiatan ini sudah kami mulai sejak tahun 2011, dan kami fokus kepada pembedayaan keluarga,”paparnya. (h/rvo)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 02 November 2016 - 01:24:10 WIB

    Pertemuan Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia Hadirkan Kurikulum Hadis Berbasis KKNI

    Pertemuan Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia Hadirkan Kurikulum Hadis Berbasis KKNI PADANG, HALUAN — Pengembangan Ju­rusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin dan Prodi Magister Ilmu Hadis Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang terus dipacu. Untuk mengembangkannya, Fakultas Ushuluddin mengutus dua orang tenaga.
  • Selasa, 16 Agustus 2016 - 11:47:45 WIB

    2.004 Mahasiswa KKN UBH Sudah Kembali ke Kampus

    2.004 Mahasiswa KKN UBH Sudah Kembali ke Kampus PADANG, HALUAN—Se­ba­nyak 2.004 mahasiswa Kulia Kerja Nyata Pem­berdayaan Pem­belajaran Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta tahun 2016 yang telah diter­junkan ke tengah-tengah masya­rakat selama 30 hari telah .
  • Selasa, 26 Juli 2016 - 05:18:10 WIB

    1.500 Mahasiswa IAIN IB Padang Ber-KKN

    1.500 Mahasiswa IAIN IB Padang Ber-KKN PADANG, HALUAN —Maha­siswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata-Pengabdian Pada Masyarakat (KKN-PPM), di enam daerah kabupaten kota se-Sumatera Barat mulai 27 Juli-27 Agut.
  • Selasa, 28 Juni 2016 - 06:10:05 WIB

    Mahasiswa KKN Unand Bagikan 2.100 Bibit Pohon

    Mahasiswa KKN Unand Bagikan 2.100 Bibit Pohon PADANG, HALUAN —Men­dukung program 1.000 pohon untuk Sumbar, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM Uni­versitas Andalas (Unand) mela­lui mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) melekukan pena­naman bibit pohon yang di­ada­kan.
  • Rabu, 22 Juni 2016 - 04:14:51 WIB

    820 Mahasiswa Unes Siap Laksanakan KKN

    820 Mahasiswa Unes Siap Laksanakan KKN PADANG, HALUAN —Sebanyak 820 orang maha­siswa Universitas Ekasakti Padang mengikuti pem­be­kalan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) selama dua hari di Audi­torium Universitas Ekasakti, Ja.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM