Padang Panjang Raih Adipura Buana


Senin, 25 Juli 2016 - 05:03:02 WIB
Padang Panjang Raih Adipura Buana WALIKOTA Padang Panjang Hendri Arnis menerima Adipura dari Wapres Jusuf Kalla. (HUMAS)

PADANG PANJANG HALUAN — Upaya Pemerintah Kota Padang Panjang untuk mencip­takan lingkungan yang bersih dan hijau akhirnya mengan­tarkan kota berjuluk “Serambi mekah” ini kembali mengan­tongi penghargaan Adipura dari pemerintah.

Supremasi kebersihan itu di­terima langsung Walikota Pa­dang Panjang H Hendri Arnis BSBA dari Wakil presiden Jusuf Kalla di­dampingi Menteri Ling­kungan Hidup Siti Nurbaya  pada peringatan hari lingkungan hidup di Siak Provinsi Riau, Jumat (22/7).

Baca Juga : Update! Lima Daerah Kuning, 14 Lainnya Ditetapkan Masuk Zona Oranye di Sumbar

Keberhasilan itu merupakan bukti keseriusan walikota bersa­ma jajarannya. Rasa haru dan bangga terlihat dari raut walikota muda tersebut usai menerima penghargaan yang diraih oleh Kota Padang Panjang.

“Ini adalah bukti bahwa Kota Padang Panjang adalah kota yang memiliki masyarakat yang sadar akan kebersihan lingkungannya. Terima kasih tak lupa saya sam­pai­kan kepada petugas kebersihan yang telah bersusah payah mengu­ras energinya untuk keindahan dan kebersihan”,kata Hendri Arnis.

Baca Juga : Jumlah Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Bertambah 212 Orang

Lebih lanjut walikota berpe­san agar Adipura yang kita raih  dapat meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat di Kota Pa­dang Panjang untuk terus peduli kebersihan lingkungannya.

“Ke dapannya kita berharap penghargaan ini bisa kita perta­hankan, sebagai indikator komit­men kita menciptakan lingku­ngan kota kita yang bersih dan hijau”,ungkapnya.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Padang Panjang, Erwina Angreni mengatakan bahwa Adipura Tahun ini adalah Peng­hargaan Adipura ke 11 yang diraih oleh Padang Panjang. Untuk tahun ini, kepada Kota Padang Panjang diberikan Anu­grah Adipura Buana, yaitu Peng­hargaan Adipura untuk kota-kota yang dinilai layak huni/nyaman ditinggali.

Sejalan dengan Rebranding Program Adipura Nasional, pada tahun ini sebanyak 98 Kota di Indonesia berhasil meraih anu­grah Adipura dengan tiga kategori yaitu Adipura Buana, Adipura Kirana maupun Adipura Pari­purna. Adipura Kirana ditujukan bagi kota-kota yang dinilai me­miliki potensi pengembangan ekonomi dari pemanfaatan jasa ekosistem/jasa lingkungan.

Sedangkan Adipura Paripurna diberikan kepada kota yang me­menuhi kriteria Adipura Buana dan Adipura Kirana sekaligus.

Penyerahan Anugrah

Adipura Tahun 2016 di Siak ini diselenggarakan dalam Pun­cak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia, dengan tema “Go Wild for Life” dalam terje­mahnnya menjadi “Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar untuk Kehidupan”.

Sementera itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Defrial me­nyam­paikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi menjaga kebersihan kota, hingga penghargaan yang diidamkan tersebut dapat diraih kembali setelah dua tahun kita tidak meraihnya.

“Dinas PU sebagai SKPD teknis juga mengucapkan terima kasih kepada para petugas keber­sihan yang telah bekerja keras siang dan malam untuk mewu­judkan Padang Panjang yang bersih dan hijau”, pungkasnya (rel/one/mg-pis)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]