NURMIS YAKUB PIMPIN BATU GADANG

Lurah Perempuan, Prestasi Segudang


Senin, 25 Juli 2016 - 11:21:40 WIB
Lurah Perempuan, Prestasi Segudang Lurah Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan, Nurmis Yakub.

PADANG, HALUAN — Kebanyakan posisi sebagai lurah dijabat oleh pria. Na­mun ada juga wanita yang mampu  memikulnya.Seperti Nurmis Yakub yang kini menjabat Lurah Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan. Bahkan tak hanya sekedar mampu, ia juga menorehkan banyak prestasi.

Puncaknya adalah ketika Nurmis Yakub diundang Pre­siden RI Joko widodo karena posisinya sebagai Lurah Ban­da Buek yang berhasil me­nyabet kelurahan ber­prestasi nasional 2015.

Baca Juga : Hendri Septa Resmikan Bedah Rumah Bantuan Perumda Air Minum di Intake Guo Kuranji

Di Ke­lurahan Banda Buek, sederetan prestasi dito­rehkan­nya. Diantaranya Juara 2 Lom­ba Kompetensi Lurah Tingkat Kota Padang Tahun 2014.

Lalu Juara 1 Lomba Ke­lu­rahan Berprestasi Kota Pa­dang 2014, Juara 2 Lomba Kompetensi Lurah Kota Pa­dang 2015 dan Juara 1 Lom­ba  kelurahan berprestasi Tingkat Sumbar 2015.

Baca Juga : Libur Lebaran, Hendri Septa Pastikan Destinasi Wisata di Kota Padang Tutup

Posisi sebagai pemimpin memang tak gampang. Apa­lagi ia adalah seorang perem­puan dengan segala keter­batasan yang ia punya.

Karena tuntutan tugas, tak jarang bahkan pada te­ngah malam  ia harus turun ke lapangan sendiri tanpa ada yang mendampingi.

“Terutama kalau bertugas di kelurahan terbelakang yang sepi. Ketika ada rapat malam hari, pulangnya ada didera rasa rakut, tapi tetap harus dilalui semua resiko dan keadaan.

Begitu  juga bila tak kenal waktu ada musibah apakah itu banjir atau sebagainya, tentu saya harus turun lang­sung ke lokasi untuk me­mantau dan mengatasi ke­adaan,” ceritanya pada Ha­luan, Minggu (24/7).

Ia pernah hampir dibawa arus air banjir yang terjadi di Simpang Gadut ketika me­ninjau musibah banjir di daerah itu pada 2013 lalu.

Kendala lain adalah beta­pa sulitnya ia yang harus membagi waktu antara tugas sebagai ibu dan istri di rumah tangga dengan tugas sebagai pimpinan masyarakat di ke­lurahan.

Namun demikian dibalik kendala, ia juga menyimpan kebahagiaan dapat mem­bantu warga. Diantaranya pernah membantu petani sawah di Baringin pada 2009 lalu.

Ia berhasil membuatkan pemasangan kawat baronjong untuk pengairan sawah lebih kurang 4 ha yang sudah tak bisa digarap karena sumber airnya tak berfungsi selama 4 tahun.

Kini, baru sekitar empat bulan ia bertugas sebagai Lurah Batu Gadang, tem­pat di­mana wanita tang­guh ini mengawali jaba­tannya sebagai Kasi Pem­e­rin­tahan tahun 2004-2016.

Tahun 2009  Ia di­ama­nah­kan menjadi Lurah di Ke­lurahan  Baringin sam­p­ai tahun 2011.

Lalu pada tahun 2011 Nurmis Yacub dipin­dah­kan lagi men­jadi Lurah Di Kelu­rahan  Bandar Buat, Keca­matan Lubuk Bega­lung, Kota Padang.  “Sa­ya mengucapkan te­ri­ma ka­sih banyak ke­pada suami tercinta yang telah banyak mem­bantu dan mem­­berikan mo­­tivasi ke­pada saya.

Terlebih lagi waktu meng­hadapi penilaian lomba ­mu­­lai tingkat ke­camatan sampai na­sional. Te­rima kasih juga pada anak-anak ter­utama si bung­su Ade Rah­man yang   se­ring ter­abaikan,” tu­tup­nya. (h/ita)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]