Kejari Solok Bakar Narkoba Bernilai Ratusan Juta


Selasa, 26 Juli 2016 - 04:26:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Solok, Haluan — Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok kembali memusnahkan barang bukti Narkoba bernilai ratusan juta rupiah, Rabu (20/7) lalu di kantor kejaksaan setempat.

Barang bukti berupa Nar­koba  diantaranya 26 karung obat obatan generik, Narkoba jenis Ganja seberat 12.169,2 gram dan Shabu seberat 88,98 gram serta 155 jenis obat-obatan terlarang itu, meru­pakan barang sitaan dari setiap perakara, yang terjadi sejak bulan Juni 2013 sampai Juni 2016.

Pemusnahan barang bukti dengan metode dibakar itu disaksikan langsung oleh Bu­pati Solok H, Gusmal Dt Rajo Lelo, Wakil Walikota Solok Reinier, Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can, Dandim 0309 Solok Letkol Inf. Irwan Harjatmono, perwakilan BP­OM Sumbar, Wakapolres Aro­suka, Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Katib Sulaiman, Bundo Kandung dan Dinkes kota setempat

Kejari Solok Aliansyah, menegaskan  pemusnahan ba­rang bukti yang merupakan hasil sitaan dari setiap perkara-perkara yang sudah inkrah (Putusan), ini harus langsung dimusnahankan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di­inginkan.”Semua obot obatan jenis narkoba, seperti ganja dan sabu semuanya kita bakar, agar semuanya bisa hancur dan tidak dapat digunakan lagi,” Pungkas Kajari.

Terhadap itu, Bupati Solok Gusmal Dt Rajo Lelo meng­ungkapkan, Peredaran gelap narkoba di Indonesia saat ini seperti ibarat  gunung es. Un­tuk itu, masyarakat maupun pemerintah berperan aktif dalam pencegahan bahaya penyalahgunaan narkotika ter­sebut. Umumnya penyalah­gunaan narkotika diawali saat usia remaja. Awalnya karena ingin mencoba barang haram tersebut, tetapi akhirnya  ke­canduan. 

Gusmal mengatakan, dalam usaha Pencegahan Pem­beran­tasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4­GN) masyarakat perlu mema­hami lebih dalam mengenai persoalan narkoba tersebut. “Pemerintah Kabupaten Solok mempunyai komitmen dalam mencegah penyalahgunaan narkoba ini,” tegas Bupati yang satu-satunya kepala daerah penerima penghargaan Pre­siden RI pada Hari Anti Nar­koba beberapa waktu lalu.

Generasi muda kata Gus­mal menjadi sasaran empuk penyalahgunaan  narkotika. Untuk itu kata dia, peran kelu­arga amat berarti dalam usaha pencegahan penyalahgunaan narkoba bagi kalangan remaja. “Orang tua harus ikut andil dalam mengawasi putra put­rinya, memberikan perhatian dan kasih sayang itu kunci pencegahan. Kasih sayang, salah satu faktor yang dibu­tuhkan oleh anak, supaya mere­ka tidak mencari perhatian ke tempat yang salah,” pintanya.

Namun kata dia, orang yang telah dewasa bukan ber­arti dapat lolos dari ancaman penyalahgunaan narkotika. Gusmal menegaskan, per­ma­salahan narkotika di daerah kita merupakan permasalahan bagi seluruh masyarakat. Maka usaha pencegahan penya­lah­gunaan narkotika menjadi tanggung jawab semua pihak. “Masyarakat harus mampu  mandiri menjadi agen pen­cegahan penyalahgunaan nar­ko­ba, pemerintah pun jangan tinggal diam. Sebab bahaya penyalahgunaan narkotika ada­lah ancaman bagi kehidupan bangsa dan negara. Mari kita lawan peredaran narkotika,” pungkasnya

Sementara dikesempatan itu, Wakil Walikota Solok Reinier menyebutkan, untuk mencegah barang haram jenis ganja dan sabu-sabu memasuki daerah Solok, butuh dukungan semua pihak.

Karena  tanpa ada du­kungan, peredaran narkoba ini terus mengantui penerus bangsa. “Yang jadi korban pada umumnya merupakan generasi muda, untuk itu, generasi muda adalah yang harus paling kita jaga, karena masa depan daerah ada dipundak mereka nan­tinya,” ujar Wakil Walikota Solok Reinier.

Karena Narkoba meru­pakan ancaman bagi bangsa negera dan agama, Pemko Solok dalam waktu dekat akan melahirkan perwako untuk pembatasan jam malam bagi para pelajar agar menekan pengaruh negatif pergaulan bebas. (h/ndi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 30 Oktober 2018 - 18:26:33 WIB

    Kejari Pasaman-BPJS Kesehatan Teken MoU Penanganan Masalah Datun 

    Kejari Pasaman-BPJS Kesehatan Teken MoU Penanganan Masalah Datun  PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Negeri Pasaman, untuk melakukan pemeriksaan kepatuhan terhadap sejumlah badan usaha agar mengikuti program Jaminan Kesehatan N.
  • Jumat, 20 Juli 2018 - 20:32:06 WIB

    HUT Adhiyaksa, Kejari Payakumbuh Datangi Pasien Rumah Sakit

    HUT Adhiyaksa, Kejari Payakumbuh Datangi Pasien Rumah Sakit PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Pada Jumat (20/7) pagi, sejumlah jaksa dari Kejaksaan Negeri Payakumbuh secara mendadak mendatangi dua rumah sakit di Payakumbuh. Dua rumah sakit itu yakni Sukma Bunda yang berada di samping kant.
  • Kamis, 08 Desember 2016 - 01:07:02 WIB

    Kejari Musnahkan Ratusan Box Obat Keras

    Kejari Musnahkan Ratusan Box Obat Keras BUKITTINGGI, HALUAN — Kejaksaan Negeri (Kejari) Bukittinggi dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Padang, musnahkan ratusan box obat keras di halaman kantor Kejari setempat, Selasa (6/12)..
  • Kamis, 03 November 2016 - 23:56:27 WIB

    Kejari Solok Terima Penghargaan dari BPJS Naker

    Kejari Solok Terima Penghargaan dari BPJS Naker SOLOK, HALUAN — Ke­jaksaan Negeri (Kejari) Solok mendapat apresiasi yang sangat baik di tingkat Badan Pe­nyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Naker) dalam wilayah Sumbar, Riau dan Kepri atas peranan aparat kej.
  • Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:41:22 WIB

    Kantor Cabang Kejari Air Bangis Diresmikan

    Kantor Cabang Kejari Air Bangis Diresmikan PASBAR, HALUAN — Kan­tor Cabang Kejaksaan Negeri Pasamana Barat di Air Bangis, yang diresmikan oleh Kejaksaan Tinggi Sumbar, Rabu (19/18). Pembangunan kantor cabang yang menelan anggaran Rp1,8 miliar ini diharapkan bisa me.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM