UPT BPNB Revitalisasi Nilai Tradisional Minangkabau


Selasa, 26 Juli 2016 - 04:30:05 WIB
UPT BPNB Revitalisasi Nilai Tradisional Minangkabau BUPATI Solok H. Gusmal di dampingi Kepala UPT Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumbar Tiet Lestari, menerima sekapur sirih pada malam pagelaran kesenian anak nagari Koto Baru beberapa waktu lalu. (YUTIS WANDI)

Arosuka, Haluan — Untuk menjaga kelestarian budaya dan nilai-nilai tra­disional masyarakat,  Balai pelestarian nilai budaya Sumbar akan terus me­laku­kan revitalisasi ter­hadap kesenian tradisi yang tum­buh dan berkembang di tengah masyarakat secara turun temurun. Hal ini di­ungkapkan Kasubag tata usaha UPT Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sum­bar Tiet Lestari, pada malam pagelaran kesenian anak nagari Koto Baru beberapa waktu lalu.

Perempuan yang akrab disapa Tari ini menyebutkan keberadaan balai pelestarian nilai budaya di padang itu, merupakan Upt dari kemen­terian pendidikan dan keb­u­dayaan. “Tugasnya konsen dalam pelestarian nilai bu­daya tradisi yang ada di Ranah Minang,” terang Tari di sela kegiatan bertajuk “Baretong di Hari Tarang” itu.

Pihaknya menuturkan kwalitas dari SDM  sebuah daerah dapat dilihat dari nilai budaya yang ber­kem­bang di masyarakatnya. Lan­taran itu, kemajuan budaya sebuah masyarakat juga sangat menentukan kwalitas kehidupan masyarakat di daerah itu sendiri.

“Kami memberikan sti­mulan untuk menumbuhkan dan pe­ngem­bangan nilai kebudayaan tradisi milik masyarakat. Mulai dari kesenian, kuliner, arsitektur dan pola hidup masyarakat. Inilah wujud bahwa negara ada di tengah masyarakat,” ungkap Tari.

Pada kegiatan yang diha­diri langsung oleh Bupati Solok, H. Gusmal SE,MM Dt Rajo Lelo, Wali Nagari Koto Baru Afrizal Khaidir, Ketua Ikatan pemuda Ko­tobaru Solok Yutis Wandi, SE,MM para tokoh masya­rakat dan ratusan warga setempat itu, juga digelar kegiatan Halal Bihalal warga Nagari koto baru  dan p­e­ngu­kuhan pengurus Alumni SMPN 2 Kubung.

Terhadap kegiatan itu, Bupati Solok sangat meng­apresiasi langkah yang dila­kukan oleh BPNB Sumbar dalam upaya penyelamatan terhadap nilai-nilai tradisi masyarakat Minangkabau yang kian hari mulai terkikis seiring masuknya budaya dari luar.

“Kehadiran BPNB mem­berikan harapan bagi kita, agar budaya dan nilai tradisi masyarakat tetap berkembang dan terjaga dengan baik. Kita sangat menyambut baik perhatian yang diberikan ini,” kata Bupati.  (h/ndi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 24 Februari 2020 - 17:39:20 WIB

    UPT BPPP Kota Pariaman Lakukan Pendataan, Kartu Tani Siap Dibagikan

    UPT BPPP Kota Pariaman Lakukan Pendataan, Kartu Tani Siap Dibagikan PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-UPT Balai Pelaksana Penyuluh Pertanian Kota Pariaman masih fokus melakukan pendataan petani untuk mendapatkan kartu tani..
  • Rabu, 14 Desember 2016 - 00:58:00 WIB

    UPTD Air Bersih Akan Bangun WTP Baru

    PARIAMAN, HALUAN — Pemerintah Kota Pariaman tahun 2017 bakal membangun Water Treatment Plan (WTP) baru berkapasitas 10 liter per detik di Desa Cubadak Mentawai, lokasinya tak jauh dari WTP yang sudah ada sekarang..
  • Rabu, 11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis, 14 April 2016 - 03:08:01 WIB

    Murid PAUD Kunjungi UPT Damkar

    Murid PAUD Kunjungi UPT Damkar BATUSANGKAR,HALUAN — Proses penyiraman keba­karan harus disosialisasikan kepada masyarakat secara dini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, perlu mengetahui tata cara proses pemadaman yang dilakukan petugas Damkar..
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 01:57:16 WIB

    UPTD Balingka Tinjau Pra UN

    KOTO BALINGKA, HALUAN — Memastikan Pra Ujian Nasional (Pra UN) di Kecamatan Koto Balingka aman dan lancar, Unit Pelaksana Teknis Dae­rah (UPTD) setempat turun ke sekolah-sekolah pelak­sana Pra UN untuk mela­kukan monitor.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM