Taspen Gelar Program BUMN Mengajar di SMAN 5


Kamis, 28 Juli 2016 - 03:48:19 WIB
Taspen Gelar Program BUMN Mengajar di SMAN 5 Kepala PT Taspen Kantor Cabang Bukittinggi, Andi Purwadi (tengah) foto bersama dengan kepala sekolah, majelis guru dan siswa SMAN 5, usai kegiatan BUMN mengajar yang dilaksanakan PT Taspen. (RUDI GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — PT Taspen (Persero) Kan­tor Cabang Bukittinggi kun­jungi SMAN 5 Bukittinggi, Rabu (27/7).  Kunjungan ter­sebut dalam rangka kegiatan program BUMN mengajar.

Program BUMN mengajar yang dilaksanakan oleh PT Taspen tersebut, menindak­lanjuti surat Mentri BUMN No. S-279/MBU/05/2016 tanggal 3 Mei 2016, tentang Program Siswa Mengenal Nusantara, BUMN Mengajar dan Bedah Rumah Veteran tahun 2016.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala PT Taspen Cabang Bu­kit­tinggi, Andi Purwadi menga­jar ratusan siswa SMA­N 5 de­ngan memaparkan sejumlah materi. Dengan rasa antusias para siswa menyimak materi-materi yang di­sam­paikan Kepala Taspen Cabang Bukittinggi.

Adapun paparan materi yang disampaikan itu adalah penge­nalan terhadap BUMN, khusus­nya PT Taspen dengan mem­berikan langsung pen­je­lasan tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) perusahaan negara itu. Materi disam­pai­kan melalui rekaman video, termasuk profile perusahaan.

Selain itu, juga di­sam­pai­kan pengenalan terhadap pro­fesi–profesi yang terdapat di Taspen, pemberian motivasi, serta ri­wayat hidup dan kisah sukses dalam mencapai kepala Taspen. Hal lain yang di­sampai­kan da­lam kegiatan BUMN mengajar 2016, lebih menekankan ter­hadap nilai-nilai yang ditanam­kan, antara lain kejujuran, kerja keras dan tekad yang kuat dalam men­jalani hidup.

“Kegiatan ini dalam rang­ka menumbuhkan kontribusi kepala cabang seluruh BUMN terhadap kecerdasan ke­hi­dupan bangsa. Oleh karena itu, maka diadakan program BU­MN mengajar yang meru­pa­kan rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri,” ujar Andi Purwadi kepada Haluan usai kegiatan mengajar.

Purwadi berharap, melalui nilai-nilai yang ditanamkan tersebut para siswa dapat me­ngam­bil banyak manfaat dan mengenal lebih dekat BUMN yang ada di Indonesia, khusus­nya PT Taspen.

“Kontribusi BUMN, ber­peran serta dalam membangun kapasitas nasional melalui ge­ne­rasi penerus bangsa,” jelas Purwadi.

Usai kegiatan BUMN Me­nga­jar, PT Taspen Cabang Bukit­tinggi menyerahkan ban­tu­an kepada SMAN 5 berupa se­perangkat PC dan printer. Ban­tuan tersebut diberikan sebagai bentuk kepedulian Taspen ter­hadap dunia pen­didikan. Ke­mudian dilanjut­kan dengan penyerahan secara simbolis Klem JKM kepada ahli waris dari Almarhumah Eny Dharma, Guru SMAN 5.

Terpisah, Kepala SMAN 5 Kota Bukittingggi, Lasmita menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas di­se­le­ng­­garakannya  pro­gr­am BU­M­N mengajar yang di­lak­sanakan oleh PT Taspen. Se­bab, me­nurutnya, upaya ter­sebut dapat menjadi bekal dan motivasi bagi peserta didiknya.

“Siswa dan pihak sekolah menyambut baik terobosan BUMN mengajar. Karena ke­giatan ini dapat memotivasi dan membuka wawasan para siswa untuk giat belajar dalam meraih cita-cita,” kata Lasmita.

Hal yang sama juga di­sam­paikan dua perwakilan siswa kelas XII IPA 1, Syahrul dan Santi. Menurut mereka, pro­gram BUMN mengajar telah membuka wawasan me­reka terhadap BUMN, te­rutama se­kali terhadap PT Taspen. Karena selama ini mereka belum banyak menge­tahui terhadap perusahan milik negara itu.

 ”Banyak ilmu dan in­for­masi yang didapat dari pen­yampaian materi-materi yang disampaikan Kepala PT Tas­pen Cabang Bu­kit­tinggi ter­sebut. Diharapkan ke depan­nya Taspen lebih banyak lagi untuk melakukan kegiatan yang sama ke sekolah-seko­lah,” harap Syahrul. (h/tot)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM