Pemkab Tanah Datar Terima Sertifikat Adipura dari Kementerian LHK


Kamis, 28 Juli 2016 - 03:54:03 WIB
Pemkab Tanah Datar Terima Sertifikat Adipura dari Kementerian LHK Wabup Zuldafri Darma menerima sertifikat Adipura untuk Kota Batusangkar dari Menteri LHK Sitti Nurbaya. (EMRIZAL)

BATUSANGKAR, HALUAN — Pemerintah  Kabupaten Tanah Datar terima sertifikat Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada rangkaian puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia atau World Environment Day (WED) di Kota Siak Sri Indrapura, Provinsi Riau, Jumat (22/7).

Penyerahan sertifikat Adi­pura oleh Menteri LHK Siti Nurbaya diterima lang­sung Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma didam­pingi  Kepala Kantor Ling­kungan Hidup Viveri, Kadis Hubkominfo Abrar, Camat Lima Kaum Yusnen, Dinas PU dan Humas Setda Tanah Datar.

“Alhamdulillah, Kabu­paten Tanah Datar terpilih sebagai penerima Sertifikat Adipura. Untuk itu sertifikat ini tidak hanya bermuara dari kerja keras pemerintah saja, tetapi di dalamnya juga ter­dapat andil dari pihak-pihak terkait termasuk masyarakat yang peduli kebersihan ling­kungan dan khususnya peran petugas kebersihan yang bekerja tidak kenal lelah,” ungkap Wabup.

“Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak telah yang mendukung Adipura dan kepada ma­syarakat yang peduli ter­hadap lingkungan dan kita tidak boleh berpuas diri, kita harus mempertahankannya bahkan perlu ditingkatkan lebih baik lagi,’’ ucap Wabup Zuldafri.

Sementara itu, Kepala Kantor Lingkungan Hidup (BLH) Viveri, mengatakan, penetapan penerimaan ser­tifikat sebagai bentuk peng­hargaan bagi Kabupaten Ta­nah Datar telah menuhi stan­dar kriteria penilaian untuk Adipura Tahun 2016 ini sesuai Permen LH No. 6 Tahun 2014. 

Pada tahun ini, ungkap Viveri, sebanyak 12 kota di Provinsi Sumatera Barat yang mengikuti Program Adipura tahun 2016 ini adalah Kota Payakumbuh, Bukittinggi, Solok, Padang Panjang, Sa­wahlunto, Pa­riaman, Painan, Lubuk Ba­sung, Lubuk Sika­ping, Ba­tusangkar, Simpang Empat dan Muaro Sijunjung.

Penilaian terhadap pe­ngelolaan kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kota Batusangkar oleh Kementerian Lingkungan Hidup melalui Pusat Pe­ngendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES), Bapedalda Sumatera Barat, Perguruan tinggi, Pers dan LSM. 

”Kota Batusangkar ma­suk dalam penerima ser­tifikat Adipura 2016 bersama de­ngan Kota Sawahlunto di wilayah Provinsi Sumbar,” ungkap Viveri.

Pada malam puncak Men­­teri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya  menyampaikan penerima penghargaan Adipura (36 Sertifikat Adipura, dan 9 Plakat Adipura) semua itu sebagai apresiasi terhadap upaya masyarakat dalam kegiatan lingkungan hidup yang sadar terhadap ling­kungan.

Saat itu Siti Nurbaya juga meminta kepada para pen­erima anugerah ling­kungan hidup 2016 agar dapat mem­pertahankan pres­tasinya, bahkan me­ningkat dari se­belumnya, serta dapat men­jadi inspirasi bagi masyarakat luas. (h/emz/hel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]