Harapan dan Mimpi Baru


Kamis, 28 Juli 2016 - 04:10:11 WIB

Gerbong kabinet Joko Widodo (Jokowi)  akhirnya sampai ke stasiun kedua untuk dilakukan perombakan. Selaku lokomotif, Jokowi-JK ingin menarik gerbong yang tentunya juga punya daya dorong untuk mencapai tujuannya. Beberapa pengamat mengirimkan sinyal, Jokowi seperti yang ingin lagi ada tarik menarik ke arah yang berlawanan dalam barisan gerbongnya.

Presiden selalu kepala Negara dan kepala pemerintahan menggunakan kewenangan besarnya dalam melakukan reshuffle kabinet jilid II. Reshuffle ini harusnya dilakukan secara menyeluruh terhadap para menteri yang kinerjanya dianggap tidak sejalan dengan Jokowi.

Perlu juga diingat cara menilai kinerja menteri itu apakah sudah sesuai atau belum dengan Nawacita dan Trisakti yang di­canang­kan Jokowi.  Siapa-siapa menteri yang tidak bekerja sesuai Nawacita dan Triksakti, karena sibuk sendiri atau jadi antek-antek kepentingan asing, maka dia harus diganti

Ada pendapat yang menyebutkan waktu yang tepat untuk melakukan reshuffle kabinet jilid II pada akhir tahun 2015 lalu. Namun, setelah terulur-ulur, akhirnya komposisi kabinet yang baru ini, bisa mendorong harapan baru .

Pergantian anggota kabinet dianggap banyak pihak sangat penting untuk menguat­kan harapan baru pada publik. Ini momen­tun tepat menguatkan kepercayaan publik. Jika reshuffle dilakukan dipastikan akan me­muncul­kan harapan baru bagi publik.

Dengan reshuffle setidaknya harapan akan adanya perbaikan di tubuh pe­merintah kian menguat.  Selain itu, beberapa hal yang kontraproduktif bisa dihilangkan seperti ketidak kompakan kabinet, adanya menteri yang memiliki agenda sendiri. Sehingga mengabaikan program program presiden dan lainlain.

Selain itu, reshuffle juga bisa meng­hilangkan menteri yang berkinerja buruk. Hal ini penting bagi percepatan pem­bangu­nan. Selain itu, reshuffle juga dampaknya jelas ada yakni menga­kselerasi pertumbuhan ekonomi na­sional. Misalnya isu mengenai deregulasi dan debirokratisasi aturan bisnis di Indonesia.

Harapan di sector bisnis, ternyata langsung berpengaruh. respon positif para pelaku pasar tercermin dari penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Tercatat hingga pukul 11.30 WIB, rupiah menguat 0,46 persen menjadi Rp13.114 per dolar sejak sesi awal perdagangan kemarin.

Indikasi terpilihnya Sri Mulyani Indrawati sebagai komandan fiskal baru telah dirasa­kan pelaku pasar sejak kemarin. Wanita yang kerap disapa Ani itu dianggap mampu membawa Indo­nesia melaju di tengah gejolak pere­konomian dunia. Euforia pasar terhadap penunjukan Sri Mulyani bakal berlang­sung cukup lama. Rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun diproyeksi bakal menguat.

Untuk pemberantasan korupsi, KPK berharap terkait dengan reformasi birokrasi dan single identity number. Sebab, reformasi birokrasi berhubungan erat terhadap upaya pemberantasan korupsi. (*)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Agustus 2018 - 18:20:43 WIB

    Syafri, Perjalanan Tanpa Kaki yang Penuh Harapan

    Syafri, Perjalanan Tanpa Kaki yang Penuh Harapan Seorang lelaki senja tengah mengayuh sepeda di Kawasan Jati Kota Padang. Tangan sepeda buatan membantunya menyusuri dan tiap sudut Kota Padang. Syafri nama lelaki itu. Meski hidup dalam keterbatasan fisik, ia tetap menikmati .
  • Rabu, 14 Maret 2018 - 09:49:18 WIB

    Tumor Ganas Menghancurkan Harapan Mardiyusni

    Tumor Ganas Menghancurkan Harapan Mardiyusni Sudahlah jatuh, tertimpa tangga. Itulah nasib yang dialami Mardiyusni (48) atau biasa disapa Yus. Ibu beranak dua ini hanya bisa pasrah menanggung penyakit tumor ganas yang dideritanya sejak tahun 2014 lalu. Berobat ke dokter.
  • Jumat, 15 April 2016 - 03:14:33 WIB

    Harapan Baru Nelayan Sumbar

    Sebuah harapan baru bagi kehidupan nelayan Sumbar terbersit ketika Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pu­jiastuti pasca meresmikan monumen Mer­pati Per.
  • Senin, 14 Desember 2015 - 03:22:35 WIB
    Ramlan Nurmatias

    Harapan Baru Warga Bukittinggi

    Harapan Baru Warga Bukittinggi Dari entri data C-1 yang dilakukan KPU Bukittinggi maupun hitungan cepat lainnya, menunjukan pasangan Ramlan-Irwandi (kandidat nomor urut empat) memeroleh suara terbanyak di Pilkada Kota Bukittinggi 2015. Ke­menangan Ramlan-.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM