JANGAN TAKUT IMUNISASI

Padang Bebas Vaksin Palsu


Senin, 01 Agustus 2016 - 04:10:07 WIB
Padang Bebas Vaksin Palsu Ilustrasi.

PADANG, HALUAN — Pascapenggerebekan vaksin palsu,  sebagian masyarakat kuatir untuk membawa anaknya imunisasi ke rumah sakit. Hal ini diakui oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pa­dang, Fery Mulyani.

Dikatakannya, setelah beredarnya penemuan vaksin palsu, memang sempat mem­buat ibu-ibu takut membawa anaknya untuk imunisasi.

Ini tentunya menjadi tu­gas bagi Dinas Kesehatan untuk membuktikan bahwa di Kota Padang imunisasi anak bebas dari vaksin palsu.

“Untuk membuktikan itu, Dinas Kesehatan beserta Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mela­kukan sidak ke rumah sakit- rumah sakit yang ada di Kota Padang untuk me­lihat lem­baga RS tersebut bebas dari vaksin palsu,” ungkapnya.

Sementara itu dalam rang­ka pelaksanaan imunisasi campak pada anak yang akan dilakukan pada bulan Agus­tus mendatang, Dinas Kese­hatan Kota Padang beserta pihak terkait sudah me­laku­kan sosialisasi Kepada ma­syarakat.

Diantaranya melalui pe­nyu­luhan dalam acara penga­jian ibu-ibu, dan penyuluhan ke rumah sakit maupun pus­kesmas yang tersebar di Kota Padang.

Selain itu, Dinas Ke­sehatan juga memasang span­duk pada tiap-tiap rumah sakit dan puskesmas yang menegaskan bahwa Kota Padang bebas dari vaksin palsu.

Karena imunisasi yang di gunakan oleh pihak rumah sakit pemerintah maupun swasta meng­guna­kan vak­sin yang dida­tangkan da­ri pusat (Kemenkes RI).

“Vaksin-vaksin tersebut datang dari Biofarma yang terjamin keaslian dan ku­alitas­nya,” terangnya.

Soasialisasi yang dila­kukan Dinas Kesehatan Kota Padang tidak berhenti sampai disitu saja, pihaknya juga memasangkan Baliho di Jalan Khatib Sulaiman Pa­dang.

Pada baliho tersebut ter­tera kontak person Kepala bagian PSDM, Depitra (08­116612010) dan Kepala ba­gian PMK, Gentina (08­1261239600).

Dikatakan Fery, jika ma­syarakat ada keluhan atau mendapatkan dampak  imu­nisasi yang dilakukan oleh pihak rumah sakit kepada anaknya, maka bisa meng­hubungi nomor yang sudah tertera tersebut.

“Kami harap masyarakat bisa yakin dan percaya, bah­wa rumah sakit di Kota Pa­dang bebas akan vaksin palsu.

Oleh karena itu dengan adanya kontak person yang bisa dihubungi masyarakat jika terjadi keluhan dari dampak imunisasi, tentunya akan memberikan kepuasan sendiri bagi masyarakat tersebut,” pungkasnya.

Disamping itu, Leni salah satu masyarakat Kota Padang yang memiliki balita umur 3 bulan, mengakui kalau sebe­lumnya ia kuawatir ketika mendengar pemberitaan ter­se­but.

Namun setelah diadakan Sidak oleh Dinas Kesehatan beserta BPOM Padang ia sudah percaya dan yakin kalau imunisasi anak di Kota Padang bebas dari vaksin palsu.

Tetapi, hal itu tidak me­­nutup kemungkinan juga baginya untuk selalu berhati-hati dan memilih tempat yang sudah terjamin kualitasnya dalam melakukan imunisasi pada anaknya tersebut.

“Saat ini kami sudah cukup lega dengan pem­beritaan bahwa Padang bebas dari vaksin palsu pada imu­nisasi anak, tetapi yang na­manya berhati-hati tetap di prioritaskan dengan cara memilih rumah sakit yang sudah dipercaya ku­alitasnya,” akunya. (h/mg-ina).

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]