Perantau Maninjau Gelar Halalbihalal


Senin, 01 Agustus 2016 - 04:16:31 WIB

PADANG, HALUAN — Per­satuan Perantau Kenagarian Ma­ninjau (PPKM)  me­nga­dakan silaturrahmi dan ha­lal­bihalal dalam rangka me­ning­­katkan rasa persau­daraan dan keakraban, Ming­gu (31/7). Kegiatan yang dilak­sanakan di aula Fakul­tas Teknik UNP, dihadiri sedikitnya 200 warga Ma­ninjau yang berdomisili di Kota Padang.

Ketua Panitia Halal­biha­lal, Zet Rizal mengatakan, kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diadakan se­tiap bulan Syawal atau setelah Idul Fitri. Setiap kali dia­da­kan, selalu mendapat apre­siasi dari warga M­aninjau yang bermukim di Kota Pa­dang. Bahkan unsur bundo kanduang, niniak mamak, alim ulama dan Camat Tan­jung Raya Maninjau serta walinagari juga ikut hadir.

“Alek ini juga didam­pingi BAMUS, PAN dan Sesepuh PPKM,” ungkap Zet Rizal.

Suasana keakraban pe­nuh kekeluargaan sangat terasa, ketika satu persatu warga Maninjau memenuhi rua­ngan acara. Kerinduan yang terpendam antara pe­ran­tau dengan sanak sau­dara yang masih sering pulang kam­pung, terlepaskan su­dah.

“Bagi sanak saudara yang jarang pulang kam­pung, ma­ka­ lewat momen ini mereka men­dapatkan infor­masi ten­tang pembangunan di kam­pung,” ujar Agusman, salah seorang perantau Ma­ninjau.

Acara tersebut di­me­riah­kan musik ‘tabua’ yang lang­sung didatangkan dari Jo­rong Gasang, Kenagarian Maninjau.

Tabua merupakan aca­ra tradisional Maninjau yang dimainkan oleh pe­muda dengan cara memukul tabua yang terbuat dari kulit sapi,” jelasnya.

Menurut Agusman, pada momen halalbihalal ini juga dibahas tentang progres PPKM setahun ke depan ter­ha­dap pembangunan Kena­garian Maninjau dan juga Kota Padang sendiri.

“PPKM juga ikut men­dukung dan membantu men­suk­s­eskan program Pe­m­erin­tah Kota Padang ,” kata Agus­man, sesepuh PPKM Kota Padang.

Ia juga mengatakan, p­e­ran PPKM untuk m­as­ya­rakan Maninjau adalah de­ngan turut serta membangun fasi­litas umum warga yang dibu­tuhkan, seperti lapa­ngan sepak bola, jembatan, dan juga pembangunan sara­na umum.

Ia berharap agar program PPKM ini, selain mem­per­erat silaturrahmi,  juga dapat mem­bantu seluruh kebu­tuhan warga dan memenuhi fasilitas yang dibutuhkan dalam akses kemajuan na­gari Maninjau.

Sementara Riko (38), warga Maninjau yang ting­gal di Lubuk Buaya menga­takan, program PPKM ini sangat bagus karena dengan halalbihalal bisa terjalin komunikasi dan rasa per­saudaraan antar sesama war­ga Maninjau. (h/mg-eby)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 22:21:00 WIB

    Selamatkan Kampung, Mahyeldi: Perantau Jangan Pulang Dulu

    Selamatkan Kampung, Mahyeldi: Perantau Jangan Pulang Dulu PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengimbau kepada seluruh perantau untuk tidak pulang kampung dulu. Sebab, kedatangan perantau akan membuat warga kampung menjadi was-was, takut terpapar virus.
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 19:05:21 WIB

    Corona Makin Meresahkan, Ini Saran DPRD Padang ke Perantau

    Corona Makin Meresahkan, Ini Saran DPRD Padang ke Perantau PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Tujuh warga Sumbar dinyatakan positif virus Corona atau Covid-19. Satu diantaranya sudah meninggal dunia pada Sabtu (28/3/2020). Bahkan Pemprov Sumbar telah mengambil langkah pencegahan. Seperti, m.
  • Ahad, 19 Mei 2019 - 19:58:12 WIB

    Perantau Solok Saiyo Sakato Berkontribusi Bangun Kota Padang

    Perantau Solok Saiyo Sakato Berkontribusi Bangun Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pengurus perkumpulan perantau Solok Saiyo Sakato (S3) Sumbar terus meningkatkan sinergisitas dengan Pemko Padang. Hal tersebut dilakukan, untuk memberikan kontribusi positif dalam rangka melancark.
  • Senin, 13 Juli 2015 - 19:35:50 WIB

    Pemprov Sumbar Sulit Kelola Perantau

    LEBARAN, PEMUDIK SEKITAR 800 ORANG

    PADANG, HALUAN —Se­kitar 800 ribuan perantau Minang akan mudik lebaran tahun ini. Kalangan dunia usaha melihat ini potensi besar untuk ekonomi.

  • Kamis, 09 Juli 2015 - 19:51:07 WIB

    Jumlah Perantau Pulang Turun

    PADANG, HALUAN — Biro Administrasi Pembangunan dan Kerjasama Rantau Setdaprov Sumbar memprediksi jumlah perantau yang pulang ke Sumbar berkurang dari tahun lalu. Diperkirakan hanya sekitar 800.000 perant.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]