Warga Gulai Bancah Tewas Tertimbun


Senin, 01 Agustus 2016 - 04:22:58 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Rico (29), warga Gulai Bancah, Kecamatan Man­diangin Koto Selayan (MKS) Kota Bukit­tinggi, tewas setelah tertimbun material longsor, Sabtu (30/7), sekitar pukul 18.30 WIB.

Peristiwa itu terjadi ketika hujan deras mengguyur Kota Bukittinggi sepanjang Sabtu kemarin. Dimana korban yang di­ketahui sedang memperbaiki saluran air, tiba-tiba tertimbun tanah tebing yang berada de­kat rumahnya. Meski sempat dilarikan ke ru­mah sakit, namun nyawa korban tidak da­pat tertolong dan akhirnya meninggal dunia.

“Memang benar, ada korban yang meninggal dunia karena tertimbun material longsor. Saat ditemukan korban dalam keadaan tak sadarkan diri,” ujar Lurah Kubu Gulai Bancah Indra Helmi, Minggu (31/7).

Menurut informasi yang ia dapat, korban tewas karena tertimbun tanah longsoran. Dan tanah longsoran tersebut bukan dekat rumah korban, melainkan dari arah rumah tetangga korban. Korban yang bernama Rico itu kata Indra, merupakan warga Jalan Bypass RT 06 RW 02 Kelurahan Gulai Bancah.

Terkait hal itu, Kasat Res­krim Polres Bukittinggi AKP Joko Hendro Lesmono me­nga­takan, peristiwa ini ter­jadi saat Kota Bukittinggi sedang di­guyur hujan lebat pada Sabtu sore.

“Sekitar pukul 15.00 WIB, isteri korban menelepon dan meminta suaminya untuk pu­lang, karena saluran air di sekitar rumahnya tersumbat dan mem­buat bagian bawah rumah ke­banjiran. Korban pu­lang dan tiba di rumah sekitar pukul 16.00 WIB dan langsung memperbaiki saluran air yang tersumbat itu,” jelas Joko Hen­dro Lesmono.

Dikatakan juga oleh Kasat Reskrim, ketika sedang mem­perbaiki saluran air itu, tiba-tiba tanah timbunan di atasnya yang berketinggian sekitar empat me­ter jatuh dan me­nimpa korban.

“Kalau dilihat di lokasi keja­dian, tidak pas rasanya disebut tertimbun longsor, karena ini bukan tebing. Tapi karena di tempat korban be­kerja mem­perbaiki saluran itu ada keting­gian yang tingginya sekitar em­pat meter dan di atas ketinggian itu ada tanah tim­bunan yang jatuh menimbun korban, jadi lebih cocoknya korban ter­tim­bun tanah tim­bunan,” terang Joko Hendro Les­mono di gosum­bar.com.

Ditemukannya korban, me­nurut Joko Hendro Lesmono, dikarenakan sang isteri merasa penasaran karena tidak me­lihat suaminya yang se­be­lumnya be­kerja memperbaiki saluran air.

Setelah mencari bersama warga setempat, akhirnya korban di­temukan dalam timbunan tanah di lokasi tempat korban memp­erbaiki saluran air.

Saat di­te­mukan, korban da­lam kondisi tidak sadarkan diri. Kor­ban ke­mudian dibawa ke Rumah Sakit Achmad Mochtar Bu­kit­tinggi. Namun sesam­painya di rumah sakit, korban sudah di­nyatakan meninggal dunia, pungkasnya. (h/tot)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 30 September 2020 - 12:14:25 WIB

    Warga Kampung Palangeh Pasaman Akhirnya Miliki Sarana Air Bersih

    Warga Kampung Palangeh Pasaman Akhirnya Miliki Sarana Air Bersih HARIANHALUAN.COM - Krisis air bersih ditengah masyarakat Kampung Palangeh, Jorong Lubuk Hijau, Nagari Langung, Kecamatan Rao Utara, Kabupaten Pasaman akhirya teratasi sudah, berkat Program Pamsimas. .
  • Senin, 28 September 2020 - 09:44:27 WIB

    Hancur karena Banjir, Pemkab Pessel Janji akan Perbaiki Rumah Warga

    Hancur karena Banjir, Pemkab Pessel Janji akan Perbaiki Rumah Warga HARIANHALUAN.COM - Banjir yang disebabkan oleh hujan deras yang melanda Kabupaten Pessel beberapa hari yang lalu menyebabkan rumah warga hancur. Demi mengurangi beban masyarakat, Pemba Pessel berjanji akan membangun ulang rum.
  • Kamis, 24 September 2020 - 17:42:22 WIB

    Hari Ini, 33 Warga Pessel Positif Covid-19

    Hari Ini, 33 Warga Pessel Positif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Hari ini, Kamis (24/9), terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 33 orang di Kabupaten Pesisir Selatan..
  • Rabu, 23 September 2020 - 17:57:49 WIB

    Andre Rosiade Salurkan 50 Paket Sembako untuk Warga Bungtekab

    Andre Rosiade Salurkan 50 Paket Sembako untuk Warga Bungtekab HARIANHALUAN.COM — Anggota DPR RI Andre Rosiade menyalurkan 50 paket sembako untuk warga Bungus Teluk Kabung (Bungtekab), Kota Padang, Rabu (24/9). Bantuan itu untuk membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19 yang entah.
  • Selasa, 22 September 2020 - 09:11:50 WIB

    Mengedarkan Shabu, Dua Warga Sipangkur Dharmasraya Ditangkap Polisi

    Mengedarkan Shabu, Dua Warga Sipangkur Dharmasraya Ditangkap Polisi HARIANHALUAN.COM - Jajaran Satresnarkoba Kepolisian Resor Dharmasraya, Sumatera Barat, berhasil menangkap dua warga Jorong Lagan Jaya 1 Kenagarian Sipangkur Kecamatan Tiumang, Selasa (22/09) dinihari, sekira pukul 00.15 WIB. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]