Agam Bantu Guru MDA, Garim, Imam


Senin, 01 Agustus 2016 - 11:16:02 WIB

Agam, Haluan — Pemerintah Kabupaten Agam, menganggarkan dana bantuan Lebih kurang Rp3,7 miliar untuk untuk guru Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), imam dan garin masjid. Dana tersebut diambil dari Anggaran pendapatan Belanja Daerah pada tahun 2016.

Bantuan tersebut diberikan dengan rincian antara lain, kepada 3.500 orang guru MDA untuk dana transportasi sebesar Rp3,5 miliar, kemudian diberikan sebesar Rp115,2 juta sebanyak 96 orang iman dan sebesar Rp115,2 juta untuk 96 garin.

Kepala Bagian Kesejahteraan (Kesra) Sekretariat Daerah Agam, Zainal Mutaqin di Lubuk Basung, Sabtu (30/7), mengatakan penerima bantuan, merupakan para imam, Guru MDA, garin mesjid. Dana tersebut diharapakan bisa bermamfaat bagi yang bersangkutan.

Ia menjelaskan, guru MDA penerima bantuan adalah usulan dari kecamatan. Mereka nantinya akan mendaptkan dana tersebut setelah ada SK dari wali nagari. Kemudian imam dan garin juga demikian, usulan dari kecamatan. Setiap Kecamatan lebih kurang ada  sebanyak enam orang dan garin yang mendaptkan bantuan.

Dikatakannya, penyerahan nama penerima bantuan trasportasi ini paling lambat pada delapan Agustus 2016 kepada Kesra Sekretariat Daerah Agam memberikan waktu. Diharapkan nama nama sudah diserahkan sampai waktu yang telah ditentukan. Apabila juga belum tuntas pihaknya akan langsung menjemput ke kecamatan. “ Bantuan akan diserahkan pada pertengahan Agustus 2016, karena masih menunggu usulan dari pihak kecamatan. Untuk Guru MDA mendapatkan Rp1 juta per orang, imam sebesar Rp1,2 juta per orang dan garin sebesar Rp1,2 juta per orang. bantuan trans­portasi ini rutin diberikan setiap tahun,” katanya.

Ia menambahkan, pada 2015, dana untuk guru MDA hanya sebesar Rp600 ribu, namun ada kenaikan dengan jumlah sama dengan imam dan garin masjid yaitu sebesar Rp1,2 juta. “ Ada waktu lebih kurang delapan hari lagi sebelum penyaluran, bagi yang belum mengurus silahkan diselesaikan secepatnya,” jelasnya. (h/yat)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]