JADIKAN BUKIT SILEH SEBAGAI SPOT PETERNAKAN SAPI

Nofi Candra Dukung Rencana Pemkab Solok


Senin, 01 Agustus 2016 - 11:17:38 WIB
Nofi Candra Dukung Rencana Pemkab Solok Ang¬gota DPD RI Sumbar Nofi Candra.

Arosuka, Haluan — Ren­cana Pemkab Solok untuk menjadikan kawasan Bukit Sileh kec. Lembang Jaya seba­gai salah satu spot peternakan sapi di Kabupaten Solok men­dapat respon positif dari ang­gota DPD RI asal Sumbar Nofi Candra. Hal ini diungkapkan Nofi di sela kunjungan re­sesnya ke dapil Sumbar Jum’at (29/7) lalu.”Iklim di daerah ini tak hanya cocok dengan pe­ngembangan produksi per­ta­nian namun juga dengan pe­ngembangan sektor peter­nakan. Makanya kita sangat me­nyokong niat pemkab un­tuk menjadikan daerah ini se­bagai salah satu spot pe­ter­nakan sapi,” kata Nofi di dam­pingi wali nagari Selayo Ta­nang Bukit Sileh Dhar­man­syah.

Untuk mewujudkan ini, kata Nofi, pemerintah daerah tak mesti hanya bersandar kepada APBD semata. Karena menurutnya masih banyak peluang dana di pusat yang ada di kementerian yang bisa diraih. “ Yang paling penting adalah adanya ketersediaan lahan. Soal dana, saat ini banyak peluang di ke­men­terian terkait, yang bisa kita raih. Kita harap dalam hal ini pemerintah daerah juga me­libatkan anggota DPD RI asal Sumbar untuk ikut mengawal setiap proposal yang di­ki­rimkan ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Selain itu, Senator Nofi Candra juga mengapresiasi semangat kebersamaan yang ter­bangun di tengah ma­sya­rakat nagari itu dalam mem­bangun nagari. Di samping mendorong masyarakat untuk mempertahankan budidaya petanian sesuai potensi yang ada, kesempatan itu juga di­man­faatkan untuk mem­be­rikan sosialisasi tentang tugas dan fungsinya sebagai ang­gota DPD RI. 

Karena menurutnya, seba­gai perwakilan daerah di Pusat, peran lembaga DPD RI juga dipandang strategis dalam mengawal setiap kepentingan daerah untuk juga diper­juang­kan di pemerintah pusat. “ Kebetulan saya duduk di ko­mite II, yang bidang tugasnya adalah masalah, pertanian, perkebunan, ekonomi, sum­berdaya dan energi. Ini akan kita jadikan catatan untuk dibahas dalam sidang akhir masa reses nanti,” kata Nofi yang juga duduk sebagai pim­­pinan PURT DPD RI ini.

Terkait itu, wali nagari Selayo Tanang Bukit Sileh Dharmansyah menuturkan, keinginan untuk menjadikan daerah yang dipimpinnya itu se­bagai salah satu spot pe­ngembangan sapi, merupakan angin segar bagi pe­ngem­ba­ngan ekonomi masyarakat di daerah itu. Bahkan be­berapa bulan lalu, pihaknya bersama Wakil Bupati Solok juga telah melakukan survey lokasi yang direncanakan sebagai spot peternakan sapi layaknya yang juga di­kem­bangkan di kawasan Padang Mengatas paya­kumbuh.” ka­lau untuk survey lokasi sudah kita lakukan bersama pak Wabup beberapa waktu lalu. Tinggal sekarang me­wu­jud­kan rencana ini men­jadi ke­nya­taan,” beber Dhar­masyah. (h/ndi)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 September 2019 - 15:00:01 WIB

    Nofi Candra Sambangi Korban Pohon Tumbang

    Nofi Candra Sambangi Korban Pohon Tumbang AROSUKA, HARIANHALUAN.COM - Musibah pohon tumbang yang menimpa rumah kayu milik mak Jun (58), warga Pasa Usang nagari Alahan Panjang kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, mengusik empati dari senator Anggota DPD-RI H. No.
  • Kamis, 21 Juni 2018 - 01:31:44 WIB

    Disebut Layak Gantikan Irwan Prayitno, Nofi Candra: Saya Sudah Jadi 'Gubernur Tani'

    Disebut Layak Gantikan Irwan Prayitno, Nofi Candra: Saya Sudah Jadi 'Gubernur Tani' SOLOK, HARIANHALUAN.COM-Dalam sebuah acara silaturahim di nagari Saningbaka Kab. Solok, Gubernur Sumatera Barat Irwan Priyitno (IP) menyebut Anggota DPD RI Nofi Candra sudah layak untuk manjabat sebagai Gubernur..
  • Selasa, 19 Juni 2018 - 17:59:56 WIB

    Dinilai Potensial, Nofi Candra Ditantang Irwan Prayitno Maju di Pilgub Mendatang

    Dinilai Potensial, Nofi Candra Ditantang Irwan Prayitno Maju di Pilgub Mendatang SANIANGBAKA, HARIANHALUAN.COM-Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (IP), menantang senator DPD RI H.Nofi Candra untuk maju bertarung pada pemilihan Gubernur Sumatera Barat mendatang. .
  • Rabu, 24 Januari 2018 - 09:45:15 WIB
    Pimpinan DPD RI Turun Tangan

    Nofi Chandra: Basko Simbol Kebangkitan Pascagempa

    Nofi Chandra: Basko Simbol Kebangkitan Pascagempa PADANG, HARIANHALUAN.COM – Polemik eksekusi lahan Basko Hotel dan Grand Mall mendapat perhatian serius Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Pimpinan DPD turun tangan membahas masalah ini. Dalam waktu dekat, DPD akan melakukan .
  • Sabtu, 30 September 2017 - 04:09:54 WIB

    Nofi Candra Bantu Korban Bencana di Solsel

    Nofi Candra Bantu Korban Bencana di Solsel SOLOK SELATAN, HALUAN - Senator DPD RI asal Sumbar, Nofi Candra kembali menyalurkan bantuan kepada para korban banjir bandang di Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]