Beragam Kegiatan di Hari Koperasi 69 Sawahlunto


Senin, 01 Agustus 2016 - 11:27:11 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Beragam kegiatan warnai Peringatan Hari Koperasi ke 69 tingkat Kota Sawahlunto. Mulai dari mengikuti pameran tingkat nasional, hingga pelak­sanaan jalan santai, serta pertandingan tenis lapangan.

Semarak peringatan Hari Koperasi itu, tidak terlepas dari diraihnya penghargaan Bhakti Koperasi yang diterima langsung, Walikota Sawah­lunto, Ali Yusuf, dari Menteri Koperasi dan UMKM, AA. Gede Ngurah Puspayoga, yang disaksikan Presiden Joko Wi­dodo, di Provinsi Jambi.

“Sebagai soko guru eko­nomi masyarakat, koperasi penggerak ekonomi, yang dilak­sanakan dan dirasakan masya­rakat secara langsung,” ungkap Walikota Sawahlunto, Ali Yu­suf, ketika melepas peserta gerak jalan sehat Ko­pe­rasi ke 69, di Lapangan Ombilin Sawah­lunto, Minggu (31/7).

Untuk itu, lanjutnya, me­num­buhkan koperasi menjadi sangat penting dalam men­du­kung perekonomian masya­rakat. Apalagi, Indonesia telah berada dalam Masyarakat Eko­nomi Asean, yang men­jadik­an persaingan ekonomi secara menyeluruh dan terbuka.

Sebagaimana disampaikan Presiden, tengan Bapak tiga anak itu, potensi koperasi di Indonesia terbilang sangat besar. Apalagi, koperasi men­ya­sar kepentingan anggota koperasi itu sendiri, yang mampu menyaingi sistem ekonomi kapitalis.

Apalagi, keberadaan ko­perasi memiliki kesamaan tujuan dengan nawacita yang digadang-gadang Presiden, yakni menjadikan ke­man­dirian ekonomi. Sawahlunto sendiri, saat ini berupaya memberdayakan kelompok dan komunitas masyarakat.

Salah satunya kelompok yasinan, diarahkan untuk me­m­bangun lembaga keuangan mik­ro, yang akan menjadi cikal bakal sebuah koperasi. Awal tahun 2014 lalu, ke­lom­pok yasinan dibimbing untuk mem­punyai lembaga keuangan mikro.

Setahun berselang, lem­baga keuangan yang hadir dari kelompok yasinan, yang dido­minasi kaum ibu-ibu itu, dapat dibentuk menjadi koperasi.

“Kelompok yasinan tidak hanya fokus dalam ibadah keagamaan semata, namun juga turut mengembangkan kegiatan yang memiliki dam­pak terhadap perkembangan ekonomi anggota kelompok yasinan itu sendiri,” ungkap Ali Yusuf.

Sementara itu, Ketua De­ko­pinda Sawahlunto, M. Sya­rif, mengatakan, Pemerintah Sawahlunto memiliki se­mang­at yang besar dalam men­dorong pertumbuhan koperasi. Dengan memberikan pem­binaan dan perhatian kepada masyarakat untuk mendirikan koperasi.

Syarif mengatakan ko­perasi turut berperan dalam pem­bangunan. Memberikan mo­tivasi dalam melawan ke­kuatan ekonomi kapitalis yang masuk ke tengah masyarakat. Sehingga koperasi dinilai sangat strategis untuk di­kem­bangkan di tengah masyarakat. (h/dil)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]