MDT Harapkan Perhatian Pemerintah


Senin, 01 Agustus 2016 - 11:29:08 WIB
MDT Harapkan Perhatian Pemerintah Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (DPW FKDT) foto bersama usai acara halalbilhalal di aula Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (30/7).

PADANG, HALUAN — Dewan Pimpinan Wilayah Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (DPW FKDT) mengharapkan perhatian pemerintah terhadap lembaga pendidikan non formal yang bernaung di bawah Ke­men­terian Agama ini.

Ketua DPW FKTD Fir­daus Gani, Spdi saat halal­bihalal pengurus kabupaten dan kota di Aula Kemenag, Sabtu (30/7) menyatakan, kondisi Madrasah Diniyah Taklimiyah (MDT) yang ada di daerah sangat mem­pri­hatin­kan. Mutunya masih jauh dari yang diharapkan.

“Hal ini dikarenakan be­berapa faktor, di antaranya, faktor SDM, sarana dan pra­sarana, faktor dana dan finan­sial, serta kurangnya pem­binaan. Pada umumnya pen­ye­lenggaraan  dan penge­lolaan pendidikan diniyah takmiliyah hanyalah ber­modal­kan semangat pengab­dian dan rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap kewaji­ban menebarkan nilai-nilai ajaran Islam,” ucap Firdaus.

Agar keberadaan MDT ini diakui oleh masayakat, terang Firdaus, maka penge­lolaannya harus disertai deng­an perencanaan, pengor­ganisasian, pembinaan dan pengawasan yang maksimal sehingga peran lembaga pe­n­didikan keagamaan non formal tersebut semakin baik dan bermutu.

“Untuk di Sumatera Ba­rat ini kami akan mem­per­juang­kan lahirnya Perda Diniyah di tingkat provinsi, sehingga kegiatan MDTA dapat di­anggar­kan oleh Pe­me­rintah Provinsi,’ tambah Firdaus.

Kegiatan halalbihalal ini dihadiri oleh pengurus kabu­paten dan kota kecuali Men­tawai, staf ahli Gubernur, Ketua Fraksi PKS DPRD Sumbar, Kasi Diniyah Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat.

Firdaus Gani juga menga­takan, madrasah diniyah adalah salah satu lembaga pendidikan formal yang me­miliki peranan penting dalam pengembangan pembelajaran agama Islam. Pendidikan Diniyah Takmiliyah meru­pakan wujud dari kesadaran yang secara mandiri harus segera dikembangkan untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa.

“Untuk memelihara ke­berada­an MDT, kualitasnya harus ditingkatkan. Kualitas guru harus terus diting­kat­kan, agar kebutuhan masya­rakat terhadap pendidikan keagamaan dapat terpenuhi. Sinergi antara pemerintah dan masyarakat sangat di­perlu­kan, sehingga tujuan pendidikan keagamaan dapat melahirkan peserta didik yang beriman, bertaqwa, berilmu dapat tercapai,” pungkasnya. (h/rel/rvo)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]