Pemkab Mentawai Kurangi Penganggur Akibat Putus Sekolah


Senin, 01 Agustus 2016 - 16:03:37 WIB
Pemkab Mentawai Kurangi Penganggur Akibat Putus Sekolah Ilustrasi kepulauan Mentawai

MENTAWAI, HALUAN -- Pemkab Mentawai berupaya mengurangi tingkat pengangguran dengan memberikan pendidikan kursus bagi generasi putus sekolah, melalui Dinas Sosial Ketenaga kerjaan dan Transmigrasi  (Dinsosnakertrans) Mentawai sehingga bisa membuka usaha sendiri atau bekerja di perusahaan sesuai keahlian yang dimiliki.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Kepulauan Mentawai Paulinus Sabele Pangulu mengatakan kepada haluan Senin, (1/8) di ruang kerjanya, hal tersebut merupakan program tahunan, dimana tahun ini setidaknya 16 orang yang sedang dikursuskan selama 3 bulan dengan fokus jurusan bagian penggalangan Kapal (welding Kapal) dan akan selesai pada akhir bulan ini. "Ini merupakan program rutin kita setiap tahun, untuk mengurangi pengangguran dan sasaran kita khusu bagi anak yang putus sekolah karena tidak mampu, tetapi, berprestasi, namun banyak tidaknya peserta yang kita dikutkan tergantung ketersediaan anggaran yang ada, " tuturnya

Dia menyebutkan sejak Tahun 2013 dimulainya program ini sudah 54 orang yang menyelesaikan studi dari berbagai macam jurusan, khusus untuk mendapatkan keterampilan yang siap bekerja, seperti perbengkelan, instalasi listrik, elektronik, pengelasan dan lain sebagainya. Hal itu sudah terbukti sebagian alumni ada yang sudah membuka bengkel. "Setelah mereka lulus kemudian kita fasilitasi untuk magang beberapa bulan dan kita tempatkan sesuai keterampilan, sebagai bekal untuk mendapatkan atau membuka usaha sendiri, bahkan kalau ada yang minat kita fasilitasi sampai ke luar negeri, tetapi sejauh ini belum sampai ke sana terkait mental yang belum siap," paparnya . (h/mg-red)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]