Puskesmas Rawatan Balaiselasa Bisa Jadi Puskesmas Plus


Senin, 01 Agustus 2016 - 16:54:34 WIB
Puskesmas Rawatan Balaiselasa Bisa Jadi Puskesmas Plus Ilustrasi puskesmas

Puskesmas Rawatan Balaiselasa Bisa Jadi Puskesmas Plus

 

PAINAN, HALUAN-Puskesmas rawatan Balaiselasa Kecamatan Ranah Pesisir bisa ditingkatkan statusnya menjadi Puskesmas plus. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan pelayanan.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel Syahrizal Antoni Senin (1/8) menyebutkan, puskesmas tugasnya untuk melayani pengobatan dasar, bila penyakit tidak bisa ditangani di puskesmas maka puskesmas merujuk pasien ke RSUD.

Untuk jadi Puskesmas plus biasanya daerah akan terkendala dengan jumlah tenaga medis, pembiayaan dan peralatan. Jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Pesisir Selatan belum sebanding dengan jumlah penduduk. Jumlah tenaga medis untuk masing masing bidang masih sangat terbatas, sehingga pelayanan bagi masyarakat belum bisa optimal. Menurut Syahrizal Antoni, jumlah dokter umum di Pesisir Selatan hanya 20-an orang, itu sudah tergabung antara dokter yang ada di Puskesmas dengan RSUD M. Zein Painan. Padahal melihat jumlah penduduk saat ini, idealnya tenaga dokter umum harus mencapai 56 orang, itu diluar tenaga dokter RSUD. "Perbandingan ideal antara masyarakat dengan dokter umum adalah 1 banding 10 ribu orang. Artinya jika penduduk Pesisir Selatan 560.000 jiwa orang jumlah dokter umum 56 orang," ujarnya. (h/har)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]