Harga Sawit Semakin Turun di Sabak Auh


Selasa, 02 Agustus 2016 - 02:52:33 WIB
Harga Sawit Semakin Turun di Sabak Auh Ilustrasi.

SIAK, HALUAN — Sejumlah petani ladang berharap Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit stabil. Pasalnya, harga TBS tingkat petani ladang selalu turun naik seperti yang dirasakan petani Kecamatan Sabak Auh dan Bungaraya. Hal ini membuat petani mengeluh, karena harga TBS  di bawah harga standar.

“Memang parah harga buah sawit sekarang, semakin hari bukannya semakin naik malah semakin turun harganya, apa­lagi saat ini buah sawit milik kami sedang trek (kurang produksi, red). Kalau semakin hari semakin turun, bagaimana hidup petani bisa sejahtera,” ungkap Trisno, warga Bu­ngaraya, Minggu (31/7).

Semantara itu di Sabak Auh, harga kelapa sawit kem­bali naik pekan ini sekitar Rp 1.000 perkilogram, yang sebelumnya sempat berkisar Rp 800 - 900 perkilogram.

Agus petani sawit dari Sabak Auh mengatakan, harga TBS di tingkat petani ladang selalu tidak stabil, berubah-ubah namun tetap di bawah harga standar.

Pekan ini harga TBS kem­bali naik sekitar Rp 1.000 perkilogram, pada pekan kema­rin harga kelapa sawit turun.

“Harga kelapa  sawit petani selalu berubah-ubah, bahkan hari ini naik besok bisa turun lagi,” jelasnya.

“Untuk itu kami sebagai petani sawit berharap kepada pemerintah agar dapat men­stabilkan harga buah sawit segar, karena selama ini harga sawit di lapangan selalu tidak stabil dan sering turun,” pung­kasnya. (h/sgn)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 16:09:25 WIB

    Yuk Liburan ke Pulau Seribu, Ada Potongan Harga Tiket 50 Persen

    Yuk Liburan ke Pulau Seribu, Ada Potongan Harga Tiket 50 Persen HARIANHALUAN.COM - Pemberian diskon oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta dari rute Pelabuhan Kali Adem di Jakarta Utara menuju sejumlah pulau permukiman di wilayah Kepulauan Seribu..
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 21:30:23 WIB

    Maskapai EasyJet Buka Penerbangan Musim Dingin, Harganya Cuma Rp500 Ribu

    Maskapai EasyJet Buka Penerbangan Musim Dingin, Harganya Cuma Rp500 Ribu JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Maskapai penerbangan easyJet mempercepat penjualan tiket untuk penerbangan musim dingin. Langkah menawarkan penerbangan murah saat musim dingin itu, untuk mengatasi kemerosotan, karena virus cor.
  • Selasa, 24 Mei 2016 - 04:31:07 WIB

    Harga Karet Kembali Anjlok

    Harga Karet Kembali Anjlok TELUK KUANTAN, HALUAN — Naiknya harga karet tidak berlangsung lama, dalam kurun waktu beberapa minggu, harga karet di tingkat petani kembali anjlok turun ke level Rp7 ribu per­kilogram..
  • Kamis, 19 Mei 2016 - 03:20:46 WIB

    Harga Kebutuhan Pokok Mulai Meresahkan

    Harga Kebutuhan Pokok Mulai Meresahkan PEKANBARU, HALUAN — Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri mengakui jika harga sejumlah bahan kebutuhan pokok, sesui trend waktu akan terus naik, bahkan kenaikan tersebut akan membuat ma­syarakat kelimp.
  • Sabtu, 14 Mei 2016 - 04:45:11 WIB

    Harga Sembako Merangkak Naik

    Harga Sembako Merangkak Naik SIAK, HALUAN—Jelang Ramadan, harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional Ka­bupaten Siak me­rangkak naik. Rata-rata kenaikkannya 5-10 persen..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]