Rantih Gelar Tradisi ‘Mangadau’ Lubuk Larangan


Selasa, 02 Agustus 2016 - 02:55:14 WIB
Rantih Gelar Tradisi ‘Mangadau’ Lubuk Larangan PROSESI panen ikan menggunakan alat tradisional warga Rantih yang dikenal dengan Mangadau. (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Desa Wisata Rantih Kecamatan Talawi Sawahlunto kembali meng­gelar tradisi ‘Mangadau’ yang direncanakan pada 6 Agustus 2016 nanti. Mangadau me­rupakan tradisi warga Rantih untuk memanen lubuk ikan larangan secara tradisional dan unik.

“Mangadau sudah tradisi turun temurun dari nenek moyang orang Rantih, dima­na panen lubuk ikan larangan itu hasilnya akan dimakan secara bersama sama dan juga akan digunakan sebagai kas desa,” kata Yulizar Kades Rantih kepada Haluan.

Dalam tradisi itu se­but­nya, penduduk akan saling bergotong royong untuk me­ngumpulkan bahan yang akan dipakai sebagai alat untuk mengadau yakni pucuk daun enau yang dianyam sedemikian rupa berbentik dinding.

Setelah selesai akan digu­nakan sebagai alat untuk mengusir ikan ke satu tempat pengmpulan sebelum dipa­nen menggunakan jaring jala.Saat ini prosesi ma­ngadau sudah menjadi agen­da wisata dalam mendukung aktifitas desa wisata Rantih selain berbagai spot wisata yang ditawarkan.

Pengelola Desa Wisata rantih Budiman menye­but­kan, untuk tahun ini Sebelum prosesi Mangadau dimulai, panen ikan larangan itu dia­wali dengan lomba me­man­cing yang dilaksanakan mulai dari 24 Juli hingga 5 Agustus mendatang.

Hasil dari pendaftaran peserta lomba memancing sebutnya akan diman­faat­kan nantinya untuk biaya pe­laksanaan Mangadau itu sen­diri, sisianya akan kem­bali dipergunakan untuk pem­belian benih ikan yang akan dipenen tahun be­rikutnya.

Kepala Desa Rantih Yu­lizar menambahkan, ikan yang akan dipanen pada pesta mangadau itu bibitnya berasal dari bantuan dinas pertanian dan kehutanan setempat ta­hun 2015 silam dengan jum­lah bibit ikan berbagai jenis sebanyak 26.000 ekor.

“Sekitar 2,5 ton ikan yang kita tawarakan kepada man­cing mania untuk dipancing dengan uang pendaftaran Rp50 ribu, per setiap durasi lomba,” katanya. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 17:31:03 WIB

    Bakal Calon Wabup Pessel Rudi Hariyansyah Sambangi Masyarakat Surantih 

    Bakal Calon Wabup Pessel Rudi Hariyansyah Sambangi Masyarakat Surantih  HARIANHALUAN.COM - Bakal calon wakil bupati Pesisir Selatan, Rudy Hariyansyah kunjungi masyarakat  Surantih, Kecamatan Sutera Pesisir Selatan. Kunjungannya ini guna menjalin silahturahim dengan masyarakat. .
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 20:11:32 WIB

    Puskesmas Kayu Gadang Surantih Rampung Desember 2020 Ini

    Puskesmas Kayu Gadang Surantih Rampung Desember 2020 Ini HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni tinjau pembangunan Puskesmas Kayu Gadang di Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Selasa (18/8). .
  • Selasa, 19 Januari 2016 - 03:18:14 WIB

    Bank Buah, Pendukung Potensi Desa Wisata Rantih

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Setidaknya 35 hektar kawasan hutan rakyat dan lahan masyarakat Desa Rantih, dikembangkan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani (Keltan) Bikan, sebagai ‘Bank Buah’..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]