PMI Latih 30 Relawan SIBAT


Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:00:33 WIB

 

AROSUKA, HALUAN — PMI Kab. Solok menggembleng 30 orang warga yang tergabung dalam Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) dari 3 nagari dalam pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB). “Kehadiran SIBAT di tengah masyarakat kian dibu­tuhkan dalam meningkatkan kesiapsia­gaan penanganan bencana,” kata Ketua PMI Kab. Solok Asrizal kepada Haluan, Kamis  (28/7).

Lantaran itu,  segenap relawan PMI dibekali serangkaian pelatihan yang ber­kelanjutan untuk menunjang tugas-tugas lapangan dalam menjalankan misi kema­nusiaan. Puluhan anggota SIBAT itu ditempa selama 4 hari  dimulai dari hari Senin hingga Kamis (25-28/5) berasal dari Nagari Salayo, Saok Laweh serta muaro paneh di markas PMI Kab. Solok di Koto Baru.

Sementara itu Ronny D Daniel yang menjadi pemateri dalam pelatihan itu menambahkan, selain memberikan materi dasar terkait organisasi PMI itu sendiri, pelatihan MTDB tersebut agar peserta SIBAT dapat menjadi manajerial dalam setiap proses penanggulangan bencana yang kemungkinan terjadi di wilayah mereka masing-masing.

“Dengan menjadi pemimpin dalam penanganan bencana yang terjadi diha­rapkan dapat meminimalisir korban dan mempercepat pertolongan pertama bagi warga yang terkena musibah,” ujar Ronny yang juga Kepala Markas PMI Kota Solok ini. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]