Warga Bukik Kili Goro Buka Akses Jalan Rabo


Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:01:13 WIB

AROSUKA, HALUAN — Kekhawatiran terhadap memudarnya semangat gotong-royong di tengah masyarakat terbantahkan ketika menyaksikan warga Jorong Bukik Kili, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kamis (28/7) terlihat bahu membahu membuka jalan usaha tani di nagari tersebut. Tak hanya masyarakat, kegiatan goro ini juga disemangati dengan keha­diran sekitar 30 orang mahasiswa KKN PPM Universitas Bung Hatta.

Sekretaris Nagari Koto Baru, Mardaus yang mengkoordinir kegiatan goro ini menyebutkan, pembukaan jalan usaha tani tersebut diharapkan akan memperlanacar akses jalur distribusi hasil pertanian warga setempat. “Selain itu, jalan tersebut juga akan memperlancar akses masyarakat menuju pemandian air panas Bukit Kili Kaciek,” katanya.

Pihaknya menyebutkan, gotong-royong adalah salah satu implementasi yang akan dicapai dengan  adanya UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. Karena tak semua pekerjaan yang ada pada hari ini yang mesti dihargai dengan uang. Namun bisa juga dalam bentuk swadaya masyarakat seperti gotong-royong yang telah menjadi tradisi masyarakat selama ini. “Semoga ini betul- betul  bisa terlaksana secara integritas,” ungkap Mardaus.

Pihaknya serta merta menyampaikan apresiasi yang tinggi,  kare­na ada­nya kesadaran masyarakat untuk bersama-sama  untuk membangun nagari. “Dengan adanya jalan ini, tentunya akan mening­katkan taraf kehidupan warga, karena akses jalan merupakan salah satu faktor dalam memperbaiki taraf ekonomi masya­rakat,” tambahnya. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 September 2020 - 13:12:31 WIB

    Ketua DPRD Mentawai Ajak Warga Patuh Prokes Covid-19

    Ketua DPRD Mentawai Ajak Warga Patuh Prokes Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogdok mengimbau seluruh masyarakat Mentawai untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam memutus rantai penyebaran virus corona, khususnya terhadap peserta politik, pengusun.
  • Rabu, 09 September 2020 - 18:05:26 WIB

    Jaga Lingkungan Tetap Asri, Warga di Nagari Ini Rutinkan Gotong Royong

    Jaga Lingkungan Tetap Asri, Warga di Nagari Ini Rutinkan Gotong Royong HARIANHALUAM.COM - Guna menjaga lingkungan tetap asri, pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Bamus, lembaga Masyarakat, Wali Korong dan Masyarakat Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman menggel.
  • Selasa, 01 September 2020 - 15:22:40 WIB

    Warganet Kecam Aksi Tak Manusiawi Saat Penangkapan Pelaku Mesum di Pasaman

    Warganet Kecam Aksi Tak Manusiawi Saat Penangkapan Pelaku Mesum di Pasaman HARIANHALUAN.COM - Warganet ramai-ramai mengecam aksi main hakim dan tidak manusiawi oleh warga Ampanggadang, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman terhadap pelaku mesum (asusila) di daerah itu, Senin (31/8.
  • Senin, 31 Agustus 2020 - 11:05:37 WIB

    Pemerintah Desa Ini Bagi 2.000 Masker untuk Warga

    Pemerintah Desa Ini Bagi 2.000 Masker untuk Warga HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Tungkal Selatan Kota Pariaman membagi bagikan 2.000 masker kepada warga setempat, Senin (31/8/2020). Pemberian masker itu diantarkan langsung ke rumah-rumah warga..
  • Jumat, 28 Agustus 2020 - 23:57:14 WIB

    Warga Kabupaten Solok Positif Covid-19, Puskesmas Palembayan Ditutup Sementara

    Warga Kabupaten Solok Positif Covid-19, Puskesmas Palembayan Ditutup Sementara HARIANHALUAN.COM - Pelayanan di Puskesmas Palembayan Kabupaten Agam, untuk sementara ditutup setelah ditemukannya seorang warga yang berobat positif Covid-19. Camat Palembayan, Ridwan menyebutkan jika pasien itu adalah tamu p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]