Keindahan Danau Singkarak Belum Ditunjang Infrastruktur Memadai


Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:04:29 WIB
Keindahan Danau Singkarak Belum Ditunjang Infrastruktur Memadai BUPATI Solok, Gusmal bersama Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi nikmati keindahan alam Danau Singkarak di sela Loka Karya Akselerasi Pemberdayaan Danau Singkarak di Singkarak Sumpur Hotel, Rabu (27/7). (YUTIS WANDI)

Singkarak, Haluan — Danau Singkarak telah men­jelma menjadi salah satu ikon wisata di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Danau Singkarak telah menarik minat banyak pengunjung. Terhitung sejak ivent balap sepeda in­ternasional bernama Tour de Singkarak digelar di ranah Minang ini, eksotisme alam Singkarak mulai tersingkap ke mata dunia .

Namun, gebyarnya cerita tentang keindahan alam sing­kayak yang luar biasa itu, belum berbanding lurus dengan pe­nge­lolaan pariwisatanya dalam menrik minat para wisatawan untuk berkunjung ke daerah itu. Belum adanya infrastruktur penunjang yang terdapat di selingkar Danau Singkarak yang memadai menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Untuk hotel dan peng­ina­pan saja, terhitung hanya ada dua hotel yang dianggap sedikit representatif di sekitar Danau Singkarak saat ini, meskipun itu hanya berstandar bintang satu atau mungkin kelas melati. Walau demikian, kunjungan ke Danau Singkarak tetap ramai di setiap hari libur panjang dan hari besar lainnya. Beberapa lokasi ramai pengunjung adalah Pantai Mutiara di Kenagarian Batu Taba, Singkarak, Wisata Bukit Gagoan di Paninggahan, Tikalak, Dermaga Danau Sing­karak, dan beberapa tempat lainya.

Prihatin dan kecemasan akan kemunduran pariwisata Danau Singkarak itu, telah mengusik hati warga salingka danau yang tergabung dalam  Ikatan Keluarga Kabupaten Solok (IKKS) dan Kerukunan Keluarga Tanah Datar KKTD satukan tekad menjadikan Danau Singkarak sebagai Pari­wisata bertaraf internasional namun tetap berbasis syari’ah.

Melalui Lokakarya yang diikuti oleh 300 orang yang berasal dari Kelompok Tani Nelayan, Pemuka Masyarakat, Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang dan Aparat Pemerintahan dari Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Ada beberapa hasil yang didapatkan sebagai acuan da­lam membuat aturan untuk pelestarian danau dari urung rembuk yang digelar di Sumpur Hotel dari tanggal (27-28/7) lalu itu .

Pembahasannya menyang­kut Danau Singkarak yang akan dibangun secara profesional sebagai tujuan wisata di Su­matera Barat khususnya dan Indonesia umumnya. Acara yang dibuka langsung oleh Deputi Pengembangan Desti­nasi Wisata Budaya Kemen­terian Pariwisata Lokot Ahmad Enda dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal Dt Rajo Lelo, Bupati Tanah Datar H. Irdi­nansyah Tarmizi, Bupati Solok H. Gusmal, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Jefrinal Arifin, Ketua TPKDS Berbasis Nagari Propinsi Sumatera Barat H. Firdaus Oemar Dt. Marajo, pemerhati pariwisata Andrinof Chaniago.

Bupati Solok Gusmal me­nyampaikan, menyambut baik Lokakarya akselerasi Pari­wisata Danau Singkarak ber­basis syari’ah untuk kese­jahteraan masyarakat selingkar Danau Singkarak ini. Kabu­paten Solok memang telah memasukan Danau Singkarak sebagai kawasan yang akan dibangun pariwi­satanya. “Kita tengah mengu­payakan untuk membangun hotel berbintang di sekitar danau Singkarak,” kata Gus­mal.

Kawasan danau Singkarak kata Gusmal merupakan ikon wisata Kabupaten Solok, ke­pada pemerhati pariwisata, diharapkan pengembangan danau singkarak dapat seperti objek wisata kawasan mandeh dan wisata terkenal lainnya. Namun ada hal yang mengusik perasaanya, Danau singkarak merupakan penghasil ikan bilih, namun akhir-akhir ini, keber­daan ikan endemik Singkarak itu semakin berkurang.

“Sudah sejak sepuluh tahun ikan bilih ini mulai menghilang. Tapi paling sulit didapat tiga tahun belakangan, hal ini terjadi karena lemahnya pengawasan pemerintah nagari dalam hal menjaga kelestarian kawasan danau singkarak, sehingga ikan terancam punah,” kata Gusmal.

Searah dengan itu, Ketua TPKDS Berbasis Nagari Pro­pinsi Sumatera Barat H. Fir­daus Oemar Dt. Marajo me­nyam­paikan bahwa beberapa tahun terakhir ini ada beberapa trending issue yang berkaitan dengan danau Singkarak. (h/ndi)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 20 Juli 2018 - 20:15:20 WIB

    Mooryati Soedibyo Puji Keindahan Alam Limapuluh Kota

    Mooryati Soedibyo Puji Keindahan Alam Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Dewan Pembina Majelis Agung Raya Nisantara (MARS) Indonesia, Mooryati Soedibyo mengapresiasi keelokan alam dan keramah tamahan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap seluruh potens.
  • Jumat, 26 Februari 2016 - 02:22:19 WIB

    Keindahan Rimbo Panti Dilirik Investor

    PASAMAN, HALUAN — Keindahan hutan alami yang terletak pada Kawasan Cagar Alam Rimbo Panti di Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, dilirik investor..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]