Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa


Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:09:07 WIB

MATARAM, HALUAN — Ratusan rumah warga di Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dila­porkan mengalami kerusakan akibat gempa bumi ber­ke­kuatan 5,6 Skala Richter yang terjadi pada Senin, pukul 06.04 WITA.

“Dari laporan sementara yang saya terima dari Camat Pe­kat, ada ratusan rumah ru­sak berat, sedang dan ri­ngan, namun tidak ada kor­ban ji­wa,” kata Kepala Badan Pe­nang­gulangan Bencana Da­erah (BPBD) Nusa Teng­gara Barat (NTB) H Mu­hammad Rum, di Mataram, Senin.

Dari laporan sementara yang diterima BPBD NTB, ra­tusan rumah yang rusak ter­sebar di Desa Calabai, se­ba­nyak tujuh unit rusak berat dan 16 unit rusak ri­ngan, De­sa Karombo tujuh rumah ru­sak berat dan 20 rumah rusak ri­ngan, Desa Kadindi Barat se­banyak enam unit rusak be­rat dan 40 unit rusak ringan.

Selain itu, di Desa Na­ngamero sebanyak empat rumah rusak berat dan lima rusak ringan, Desa Kadindi Atas empat rumah rusak berat dan 15 rusak ringan, Desa Pancasila tiga rusak berat dan 11 rusak ringan dan di Desa Sorinongo ada 9 rumah di­laporkan rusak be­rat.

Menurut Rum, Keca­ma­tan Pekat dan Kecamatan Tam­bora merupakan daerah yang paling dekat dengan pu­sat gempa, namun belum ada laporan adanya keru­sakan ba­ngunan di Ke­ca­matan Tam­bora.

“Dari laporan sementara Kapolsek Tambora, belum ada informasi rumah warga yang rusak akibat gempa bumi tersebut,” ujarnya.

Ia mengatakan, anggota Kepolisian Sektor Pekat dan anggota TNI Angkatan Da­rat dari Komando Rayon Mi­liter Pekat serta petugas me­dis dari Puskesmas Pekat, sa­at ini sedang bergotong ro­yong menolong korban se­ka­ligus membersihkan puing bangu­nan yang rusak ber­sama masyarakat se­tempat.

Sementara BPBD Ka­bupaten Dompu bersama satuan kerja perangkat daerah terkait sudah bergerak dari kota menuju Kecamatan Pe­kat yang dekat dengan Gu­nung Tambora.

BPBD Provinsi NTB, lanjut Rum, juga sudah me­ngirimkan satu mobil truck yang berisi logistik berupa makanan siap saji dan selimut serta keperluan lain bagi korban yang kemungkinan akan diungsikan karena ru­mahnya rusak berat. (h/ans)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]