Toko Liberty Beromzet Rp80 Juta Sebulan


Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:14:37 WIB
Toko Liberty Beromzet Rp80 Juta Sebulan Toko Liberty di Jl. S. Parman, Ulak Karang, Padang, Senin (1/8). Dalam sebulan, toko tersebut meraup omzet sebesar Rp80 juta. (RAHMA UTAMI)

PADANG, HALUAN — Usaha sepatu dan sandal Liberty yang berdiri sejak 1998 makin banyak peminatnya. Hal itu terbukti dengan cukup banyaknya pembuatan sepatu dan sandal. Karyawan Liberty, Budi (27) mengatakan, dalam sehari, toko tersebut memproduksi sebanyak 40 pasang sepatu dan sandal.

“Sebenarnya, membuat sepa­sang sepatu dibutuhkan waktu 5 jam. Namun, karena kami mem­buatnya dalam jumlah banyak dan karyawan sudah terlatih, kami bisa membuat 40 pasang sepatu dalam sehari,” ujar Budi (27) di Toko Liberty, Jl. S. Parman, Ulak Karang, Padang, Senin (1/8).

Budi menyampaikan, 7 hingga 9 pasang sepatu dan sandal di toko tersebut terjual. Saat hari libur dan Lebaran, penjualannya meningkat, yakni 50 pasang sehari.

Toko Liberty, kata Budi, mem­bu­at sandal dan sepatu dari kulit sa­pi. Pihaknya membeli bahan men­tah, lalu mengolahnya di pa­brik sendiri. “Kulit sapi kami da­tang­kan dari Jawa. Kulit yang dibeli su­dah siap untuk digunakan men­jadi sepatu. Jika persediaan kulit di Jawa sudah terkumpul banyak, barulah kami membelinya,” tutur Budi yang merupakan keponakan pemilik toko tersebut.

Perihal harga sepatu di Liberty, ka­ta Budi, beragam karena tergan­tung model. Misalnya, sepatu kulit pria yang standar harganya Rp350 ribu, sedangkan yang bermodel ting­gi harganya Rp475 ribu. Se­men­tara untuk sepatu wanita, har­ganya Rp250 ribu dan sandal Rp150 ribu.

Omzet dari industri sepatu tersebut cukup banyak. Budi me­nga­takan, omzet Liberty mencapai Rp80 juta sebulan. “Sejak toko ini berdiri, omzet kami meningkat tiap tahun walaupun peningkatannya sedikit,” katanya.

Ia mengungkapkan, Toko Li­ber­­ty didirikan oleh Burhani Bu­yung. Saat ini, cabangnya sudah dua, yakni di Siteba dan Ulak Ka­rang. Sepatu yang diproduksi oleh Li­berty tersebut hanya dijual di To­ko Liberty. Ia menambahkan, pe­langgan yang biasa datang ke to­ko ini lebih banyak pegawai yang me­mang mengerti dan menyukai se­patu kulit sendiri.

Yul (40), pembeli sepatu kulit di toko Liberty mengatakan, ia sa­ngat menyukai alas kaki yang ber­bahan kulit karena lebih nya­man di kaki. Untuk sepatu kulit buatan Li­berty, menurutnya, kua­litas­nya ba­gus. Ia membeli sepatu kulit di Li­berty karena menyukai buatan lo­kal dari­pada sepatu dari luar negeri. (h/mg-rma)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]