Futsal PON Sumbar Dikalahkan Sahabat Noah


Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:21:07 WIB
Futsal PON Sumbar Dikalahkan Sahabat Noah Tim futsal PON Sumbar kalah kelas dibandingkan Sahabat Noah Kutim. Akibatnya tim yang akan turun di PON Bandung Jawa Barat tersebut kalah 2-6.

PADANG, HALUAN — Tim Futsal PON Sumbar, mengawali kiprahnya di Turnamen Piala Emas Futsal Indo­nesia dengan kekalahan. Melawan tim Sahabat Noah Kutai Timur, Sumbar menyerah 2-6, Senin (1/8) di GOR Ciracas Jakarta Timur. 

Dalam pertandingan tersebut, jelas terlihat pemain-pemain Sumbar kalah pengalaman dibanding tim Sahabat Noah, yang semuanya diisi oleh pemain dari klub Biang Bola, kon­testan Liga Pro Futsal Indonesia. 

Pada babak pertama Sumbar tampil grogi dan kerap terjadi kesalahan mendasar dalam permainan. Namun di babak kedua, permainan anak asuhan Ronny Doang dan Yudhi Fatra mulai membaik. 

Bahkan, Sumbar bisa me­ngim­bangi permainan Sahabat Noah, dan bisa mencetak dua gol melalui Efrinaldi dan M. Sanjaya. Sayangnya, ditengah permainan yang mulai mem­baik itu salah seorang pemain Sumbar, Afis Yunanda mendapat kartu merah, setelah mendapat kartu kuning ke­dua. 

Bermain dengan empat pemain membuat Sumbar kembali keteteran, dan Sahabat Noah pun mampu me­nutup laga dengan 6-2. “Kita memang kalah kelas dari lawan, dan itu akan menjadi pengalaman bagi para pe­main. Bahwa masih banyak yang perlu dibenahi di tim ini,” kata Ketua Aso­sisasi Futsal Provinsi (AFP) Sumbar, H. Yasman Yanusar, yang menyak­sikan langsung pertandingan. 

Hal senada diungkapkan asisten pelatih Yudhi Fatra, yang me­nye­butkan faktor mental bertanding menjadi handicap utama tim Sumbar. “Secara teknis, kita tak kalah dengan tim lawan, tapi kalau masalah mental, masih banyak yang perlu dibe­nahi,” kata Yudhi. 

“Ini menjadi PR terbesar kita, karena walaupun secara teknis kita bagus tetapi kalau tak ditopang mental bertanding yang bagus pula, sisi teknis tersebut juga tak akan maksimal,” katanya. 

Yudhi mencontohkan, saat masuk lapangan saja sudah terlihat beberapa pemain yang terlihat kurang percaya diri dan grogi. “Saya kira dengan ikut turnamen seperti ini,  kita bisa mem­buat mental para pemain bisa terasah jelang tampil di PON. Kita tak mem­bebankan mereka target atau hasil tertentu di turnamen, yang penting bisa membuat mereka tampil enjoy dan lepas,” ujarnya. 

Pertandingan kedua di Grup C turnamen PEFI ini, Sumbar kembali akan tampil Selasa (2/8) menghadapi Tupessy Jawa Barat. “Mudah-mudahan kita bisa tampil lebih baik, dan meraih hasil yang bagus juga.”Kata Yudhi. (h/san)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]