Nagari Sumpur Melestarikan Budaya


Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:26:15 WIB

TANAH DATAR, HALUAN — Halal Bi Halal Ikatan Keluarga Sumpur (IKES) Jakarta Raya dan sekitarnya digelar di Gedung Nyi Ageng Serang Jalan Rasuna Said Jakarta, Minggu (30/7).

Nagari Sumpur yang berada di pinggir Danau Singkarak dipilih karena memiliki banyak kelebihan dibanding nagari lain di Salingka Danau Singkarak. Ibarat produk, Nagari Sumpur produk yang komplit. Memiliki budaya dengan berbagai atraksi-atraksi kesenian, adanya banyak rumah gadang dengan pernak-pernik di dalamnya, alam yang indah serta memiliki tradisi pacu biduak.

Bupati Irdinansyah saat itu mengatakan bahwa kiranya sudah tepat dari hasil lokakarya yang dilaksanakan pada 27 dan 28 Juli itu di Hotel Sumpur, Nagari Sumpur layak menjadi pusat pengembangan Danau Singkarak, danau yang berada pada wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok, ungkap bupati.

Secara khusus untuk bidang budaya, bupati Irdinansyah memberi apresiasi kepada semua pihak yang peduli terhadap pelestarian budaya Minang­kabau terutama pembangunan kembali rumah gadang di Nagari Sumpur.

Disebutkan, nagari yang terkenal dengan kuliner Pangek Sumpu diketahui memiliki banyak rumah gadang namun beberapa tahun yang lalu terjadi kebakaran yang menghanguskan lima rumah gadang. Namun berkat usaha masyarakat Sumpur yang tergabung ke dalam Kampung Minang Nagari Sumpur bersama Pusat Studi Konservasi Arsitektur (Pusaka) Universitas Bung Hatta merencanakan pembangunan kembali rumah gadang yang terbakar tersebut.

Anggota DPRD Tanah Datar, Syafruddin Tasman mengajak perantau Sumpur untuk bahu membahu membangun kampung halaman. “Untuk masa depan nagari kita ini, perlu kebersamaan dan kerja keras kita semua tanpa mengabaikan aturan-aturan yang ada. Halal bi halal dua tahunan ini sangat mendapatkan kerhormatan atas kehadiran Bapak Bupati Irdinansyah Tarmizi dan istri serta tokoh-tokoh penting lainnya di antaranya mantan bupati M. Shadiq Pasadigoe, Ketua Forum Minang Maimbau Firdaus HB, Wakil Rektor UBH dan Ketua Pusaka Eko Alvares Z dan donatur pembangunan rumah gadang Lisa Tirto Utomo,” sebut Syafruddin. Silaturahmi perantau Nagari Sumpur Kabupaten Tanah Datar tersebut berlangsung meriah dalam suasana keakraban dan kekeluargaan. Ratusan sahabat Sumpur datang dari Jabodetabek, Banten hingga Jawa Barat dan dihibur artis Minang Widia Rezki dan penyanyi cilik Cakra, keduanya berasal dari Nagari Sumpur dan hiburan dendang berhadiah (KIM). (h/fma)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]