Jalan ke Lembah Harau Harus Diperlebar


Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:27:20 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Objek wisata Lembah Harau dengan air terjunnya, disebut-sebut sebagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ketinggian tebingnya yang menakjubkan, hingga 300 meter dan kemiringan hampir 90 derjat, terlihat seperti jurang.

Selain itu, hawa di kawasan itu terasa segar dan alami, memiliki tebing granit  dengan ketinggian antara  80 hingga 200 meter. Di lokasi wisata ini, terdapat pula objek wisata Sarasah Bunta dan Aka Berayun.

“Namun jalan masuk ke objek wisata itu, mulai dari Simpang Sarilamak masih sempit, hanya cukup dilewati kendaraan roda empat. Jika berpapasan, harus hati-hati karena lebar jalan Cuma 4 meter,” ujar Pemerhati Pariwisata Luak Limopuluah, Febriansyah, Senin kemarin di Payakumbuh.

Padahal, lanjutnya, objek wisata itu di kelola Pemkab Limapuluh Kota melalui Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Budpora) setempat.

“Kalau ingin menggalakkan pariwisata di Limapuluh Kota, sebaiknya jalan masuk ke Lembah Harau diperlebar,” katanya.

Menurutnya, pelebaran jalan dimaksudkan untuk memperlancar hubungan lalulintas ke objek wisata tersebut. Supaya pengunjung merasa aman dan nyaman di jalan, bus tidak perlu berhenti lagi bila berpapasan dengan sesama bus, maupun bus dengan mobil pribadi.

Kadis Budparpora Limapuluh Kota, Novian Burano yang dihubungi sebelumnya mengakui, jalan menuju ke objek wisata Lembah Harau, memang masih sempit. Ketika bus berpapasan, salah satunya meminggir dan berhenti dulu. Namun kewenangan untuk memperlebar jalan masuk ke Lembah Harau tersebut berada pada Dinas PU, sehingga perlu dikoordinasikan dulu untuk pelebarannya.

“Ruas jalan dari Simpang Sarilamak menuju ke objek wisata itu, sudah seharusnya diperlebar untuk menggalakkan kunjungan wisatawan ke Lembah Harau. Kita sudah bicarakan dengan instansi terkait untuk pelebaran jalan tersebut,” katanya.

Pantauan Haluan di lokasi tersebut, Senin kemarin melihat, jangankan diperlebar untuk perbaikan jalan rusak saja dilakukan tambal sulam. Kemarin terlihat di sejumlah titik jalan rusak berlubang, namun belum ditutup dengan aspal.

Kepala Dinas PU Limapuluh Kota, Edwar yang hendak dikonfirmasi kemarin, sekaitan dengan pelebaran jalan masuk ke objek wisata Lembah Harau tersebut, belum dapat dihubungi. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]