IAIN Seleksi Calon Mahasiswa Asal Thailand


Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:30:14 WIB
IAIN Seleksi Calon Mahasiswa Asal Thailand Wakil Rek­tor Bi­dang Akademik dan Pengem­bangan Lembaga IAIN Imam Bonjol, Ikhwan.

PADANG, HALUAN— Tahun ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang kembali me­nerima calon mahasiswa baru dari Thailand. Se­banyak 10 orang maha­siswa asing ini akan mengikuti ujian jalur mandiri. Sebelumnya, IAIN telah menerima enam orang mahasiswa yang saat ini sedang menjalani akti­vitas per­kuliahan.

“Ke-10 ora­ng ini ak­an me­ngi­kuti ujian ma­n­diri selama dua hari kam­pus kita. Kalau mereka ini berhasil lolos dan menjadi ma­ha­siswa IAIN Im­am Bonjol Pa­dang, pihak kam­pus akan mem­perjuang­kan bea­siswa kepada mereka ke Baz­nas,” ucap Wakil Rek­tor Bi­dang Akademik dan Pengem­bangan Lembaga IAIN Imam Bonjol, Ikhwan, Senin (1/8).

Tak hanya itu, hari ini (2/8), 1.334 orang calon maha­siswa baru IAIN Imam Bon­jol Padang tahun akademik 2016/2017 akan mengikuti tes potensi akademik dan Baca Tulis Quran (BTQ) pada jalur Seleksi Pene­ri­ma­an Mahasiswa Baru- Mandiri (SPMB-Mandiri).

Ikhwan mengatakan, tes ini hanya dilakukan bagi calo­n mahasiswa jalur mandiri. Pihak IAIN sendiri diberi kewenangan oleh Dirjen Pen­dis Kemenang RI untuk me­la­kukan rangkaian tes pada jalur ini.

“Pendaftaran untuk jalur mandiri sudah dibuka sejak 20 Juni-27 Juli lalu dan pe­sertanya mengalami pe­ning­katan dari tahun-tahun se­belumnya. Pen­daftar tahun 2015 hanya se­banyak 1.346 orang dan tahun ini me­ning­kat me­­n­­jadi 1.410 ora­ng. Di jalur ini pun pesertanya harus bersaing ke­tat. Karena ku­ota sisa yang ter­sedia hanya se­ba­n­yak 885 orang untuk semua ju­ru­san,” terang Ikhwan.

Menurut Ik­hwan, tes BT­Q kali ini dinilai paling stra­tegis. Karena, hasil penilaian ini nantinya akan sangat mem­pengaruhi terhadap kua­litas dan kuantitas dari maha­siswa IAIN ke depan ya­ng  dari tahun ke tahun punya spesifik ilmu keagamaan.

“Kita boleh saja me­nerima mahasiswa asal se­kolah umum seperti SMK/ SMA dan se­derajat. Tapi kualitasnya tetap diuji. Dari tahun ke tahun sangat banyak para calon mahasiswa itu unggul walau ilmu dasarnya bersifat umum. Proses BT­Q  ini perlu walau calon mahasiswa be­rasal dari ma­d­ra­sah dan pon­dok pe­santren,” katanya.

Berbicara masalah ke­siapan pelaksanaan testing yang akan diikuti oleh calon mahasiswa yang jumlahnya mencapai lebih dari 1.000 orang, ujian akan dilak­sana­kan selama dua hari 2-3 Agustus. Sebanyak 56 lokal disediakan bagi calon ma­hasiswa yang akan mengikuti ujian. (h/eni)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Februari 2017 - 12:04:22 WIB

    Pemko Padang Bantu Transportasi Kampus IAIN-IB

    PADANG, HALUAN - Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN-IB) Padang bakal “eksodus” ke Sungai Bangek, Kecamatan Koto Tangah. Sebab pihak kampus telah selesai mem bangun gedung baru di kawasan itu..
  • Rabu, 30 November 2016 - 01:05:10 WIB

    Menag Terima Penghargaan dari IAIN IB Padang

    Menag Terima Penghargaan  dari IAIN IB Padang PADANG, HALUAN — Men­teri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin meminta kepada Ins­titut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) di usianya yang ke-50 ini, fokus pada pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, se­perti pendidika.
  • Kamis, 24 November 2016 - 00:49:28 WIB

    IDB Setuju Bantuan ke IAIN IB

    IDB Setuju Bantuan ke IAIN IB PADANG,HALUAN — Tim Islamic Deve­lopment Bank (IDB) berkunjung ke kampus II Lubuk Lintah dan Kampus III Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) Padang, di Sungai Bangek, Koto Tangah Kota Padang, Rabu, (23/11). Ti.
  • Selasa, 01 November 2016 - 01:38:17 WIB
    KUNJUNGAN KE KAMPUS IMAM BONJOL

    Komisi VIII DPR Harapkan IAIN Segera Jadi UIN

    Komisi VIII DPR Harapkan IAIN Segera Jadi UIN PADANG, HALUAN—Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Deding Ishak bersama 20 orang anggota berkunjung dan berdialog dengan segenap civitas akademika IAIN Imam Bonjol Padang dan jajaran Kanwil Kemenag Sumbar, Senin (31/10)..
  • Sabtu, 08 Oktober 2016 - 03:08:21 WIB

    Langkah Alih Status IAIN IB jadi UIN Tunggu Keputusan Presiden

    Langkah Alih Status IAIN IB jadi UIN Tunggu Keputusan Presiden PADANG, HALUAN — Alih status Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) Padang menuju Universitas Islam Negeri (UIN) tinggal beberapa langkah lagi. Saat ini pengajuan izin prinsip sudah diajukan ke presiden tinggal m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]